4 strategi SEO lokal untuk usaha kecil dan menengah

Untuk usaha kecil dan menengah yang ingin bersaing di bidang yang sama seperti perusahaan yang lebih besar dengan sumber daya yang lebih besar, memiliki strategi SEO lokal yang kuat sangat penting.

Terlepas dari industri apa yang Anda ikuti, Anda akan selalu memiliki setidaknya satu pesaing yang telah ada lebih lama dan telah mengalokasikan lebih banyak anggaran dan sumber daya untuk membangun visibilitas mereka di web dan di mesin pencari.

Mungkin terasa sia-sia untuk mencoba dan bersaing dengan mereka di ranah SEO.

Tapi SEO lokal bermain dengan aturan yang sedikit berbeda dari jenis biasa. Anda tidak perlu memiliki rim dana yang Anda inginkan atau ratusan tautan yang menunjuk ke situs Anda agar terlihat dan relevan bagi audiens lokal – Anda hanya perlu memahami karakteristik unik SEO lokal, dan menerapkan beberapa strategi sederhana untuk melayani mereka.

search engine optimization

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi empat strategi hemat biaya yang dapat digunakan usaha kecil dan menengah untuk memberi diri mereka peluang terbaik untuk menentukan peringkat secara lokal.

Verifikasi halaman Google Plus bisnis Anda

Langkah pertama Anda adalah menautkan halaman Google Plus page Anda dengan Google mybusiness. Google mybusiness memungkinkan UKM memperbarui informasi mereka di Pencarian Google, Google Maps, dan Google Plus dalam satu gerakan, untuk memastikan bahwa pelanggan potensial dapat menemukan Anda di mana pun mereka berada dan perangkat apa pun yang mereka pakai.

Pencarian lokal menghasilkan lebih banyak pembelian daripada pencarian non-lokal, dan memverifikasi halaman Google Plus Anda memungkinkan Anda memonopoli sebagian besar halaman hasil pencarian untuk nama merek Anda, terutama untuk Kartu Bisnis Lokal di sebelah kanan.

Iklan Bayar-Per-Klik

Meluncurkan situs web Anda hanyalah langkah pertama. Menerapkan strategi pemasaran yang mencakup iklan Bayar-Per-Klik adalah bagian penting dari kesuksesan bisnis kecil dalam lanskap digital.

Hampir setiap bisnis kecil dapat mengambil manfaat dari menerapkan strategi pemasaran bayar per klik untuk membangun kehadiran webnya. Idenya adalah untuk mengidentifikasi kata kunci yang ditargetkan, relevan, memahami audiens target Anda dan mengembangkan strategi yang akan mengarahkan jenis lead yang tepat.

Menjual produk atau layanan yang sulit ditemukan konsumen secara lokal menjadikan bisnis Anda kandidat yang tepat untuk kampanye iklan PPC. Orang sering mengandalkan pencarian internet untuk menemukan produk yang tidak biasa atau langka.

Di atas semua ini, banyak pencarian lokal dengan niat beli tinggi terjadi di ponsel, karena konsumen mencari bisnis atau layanan “di dekat saya” saat mereka keluar dan sekitar. Karena iklan PPC mendominasi proporsi ruang layar yang lebih besar di perangkat seluler, memiliki iklan pencarian berbayar akan memberi Anda peluang terbaik untuk tampil di depan konsumen pada saat-saat ini.

Host ulasan yang dibuat pengguna

Google melihat ulasan sebagai faktor utama untuk menentukan peringkat pada desain carousel baru; namun, lebih dari apa pun ulasan Anda adalah untuk pengguna Google yang melihat perusahaan Anda pada SERP. Ulasan peer-to-peer sangat kuat karena mereka memberi pelanggan potensial Anda perasaan yang baik tentang bagaimana sebenarnya menggunakan barang atau jasa Anda.

Dalam hal ini, internet telah meratakan medan bermain untuk usaha kecil di seluruh dunia melalui kekuatan dan paparan ulasan online yang dibuat pengguna.

Laba-laba mesin pencari menyukai konten yang unik dan sering diperbarui, dan ulasan pengguna adalah cara mudah untuk membuat lebih banyak dari ini. Konten yang dihasilkan oleh pengguna sering kali unik bagi pengguna, oleh karena itu, konten ini berbeda dari konten umum yang sebagian besar digunakan oleh situs e-commerce yang sama dengan deskripsi pabrikan.

Ini, dikombinasikan dengan fakta bahwa kata-kata dan frasa yang digunakan oleh pengulas sering kali sama dengan yang digunakan oleh pencari, meningkatkan peluang peringkat dengan baik untuk permintaan pencarian yang relevan dengan produk Anda.

Ketika Anda mempertimbangkan bahwa 88% pembeli mempertimbangkan ulasan produk sebelum melakukan pembelian, itu adalah taruhan yang aman untuk mengasumsikan bahwa semakin banyak konsumen akan mencari nama produk Anda bersama dengan kata ‘ulasan’, atau kata-kata terkait seperti ‘peringkat ‘

Mulailah pengunjung Anda dengan hanya menekan tombol pada halaman web Anda untuk memfasilitasi meninggalkan ulasan, mendorong pengunjung untuk meninggalkan ulasan setelah membeli sesuatu atau mengunjungi halaman arahan tertentu, atau berbicara langsung dengan orang-orang di toko atau perusahaan Anda tentang meninggalkan ulasan.

Optimalkan gambar Anda

Optimasi untuk SEO lokal tidak terbatas pada teks. Karena sifat hasil pencarian yang semakin dicampur, Anda sekarang dapat melihat gambar di halaman daftar pencarian, jadi penting untuk mengoptimalkan pencitraan Anda untuk mesin pencari.

Pastikan gambar Anda ramah mesin pencari. Semuanya dimulai dengan nama file. Ada satu miliar dan satu gambar di luar sana, jadi Anda tidak ingin menggunakan nama file gambar umum seperti ‘image12345.jpg’ yang akan menjamin bisnis Anda hilang dalam tumpukan. Sebagai gantinya, Anda ingin menggunakan sesuatu yang deskriptif untuk memudahkan gambar Anda bersaing dalam peringkat.

Mesin pencari tidak dapat membaca gambar, jadi terserah Anda untuk menggunakan tag alt untuk membantu mendeskripsikan gambar Anda untuk memastikannya muncul selama permintaan yang relevan. Tulis deskripsi singkat dan relevan yang berisi kata kunci yang sesuai. Jangan lupa untuk menulis konten di atas dan di bawah gambar di situs web Anda, menggunakan kata kunci yang sesuai; semakin banyak teks terkait dengan gambar, semakin baik.

Yang paling penting, jika Anda ingin peringkat gambar Anda untuk kata kunci yang dilokalkan, pastikan Anda menambahkan kata kunci lokal di mana pun Anda bisa untuk hasil yang dioptimalkan untuk area lokal tertentu.

Singkatnya, tidak ada lift untuk naik ke puncak peringkat mesin pencari, terutama ketika ada pesaing besar yang berlama-lama di lokasi. Tetapi dengan strategi yang memanfaatkan lokasi geografis Anda, Anda dapat secara selektif mengatasi pesaing Anda di bidang utama tertentu.

Beri diri Anda keuntungan dengan mempersempit fokus topik dan kata kunci Anda dan meningkatkan relevansi spesifik lokasi Anda. Anda mungkin tidak peringkat untuk kata kunci sebanyak pemain besar, tetapi Anda akan dapat mengungguli mereka dalam relevansi untuk titik fokus yang Anda pilih.