Bagi Guardiola, Barcelona Masih Tim yang Ditakuti di Eropa

Sudah beberapa musim terakhir Barcelona tidak mendapat juara di Liga Champions. Meskipun demikian, Pep Guardiola menilai Barcelona masih patut ditakuti di Eropa.

Musim 2014/2015 menjadi terakhir kalinya Barcelona menjuarai Liga Champions. Waktu itu, mereka merangkai treble dan juga memenangi Liga Spanyol dan juga Copa del Rey.

Dalam empat musim terakhir, Barcelona tak bertaji di Eropa. Setelah tiga musim berturut-turut terhenti di perempat final, Lionel Messi kemudian tersingkir pada semifinal di musim lalu.

Di dua musim terakhir, Barcelona bahkan terdepak dari Liga Champions dengan cara menyakitkan. Tim arahan Ernesto Valverde itu tersingkir karena comeback sensasional lawannya.

Meskipun demikian, Guardiola menyebut Barcelona masih merupakan tim yang ditakuti di Eropa. Jika bisa memilih, dia tak akan mau timnya dipertemukan dengan Barcelona.

“Saya melihat ke hal-hal bagus di Barcelona dan saya boleh jamin, saya tidak mau bertemu mereka di Eropa. Mereka ada di ambang treble. Bila mereka ke final Liga Champions, menurut saya mereka akan memenangi semuanya,” ujar Guardiola.

“Memangnya saya siapa mengomentari mengenai apa yang seharusnya dilakukan pelatih lain? Saya jengkel saat pelatih lain menghakimi saya,” katanya.

Kegagalan Barcelona menjuarai Liga Champions dalam empat musim terakhir juga mendatangkan banyak sorotan. Meskipun demikian, Guardiola menilai Blaugrana tidak seharusnya merasa terbebani.

“Saya kira ada satu hal di mana Barcelona harus belajar dan saya mengatakan ini dengan respek yang besar, bukan hanya karena saya adalah penggemar Barcelona, hanya karena kalian adalah Barcelona, tidak berarti kalian harus juarai di Liga Champions,” kata Guardiola.

“Seperti Argentina dan mereka bilang kalau mereka harus juara di Piala Dunia. Saya tahu mereka (Barcelona) sangat bagus, tetapi begitu juga yang lain dan mereka juga ingin menjuarai di Liga Champions,” ucap manajer Manchester City.