Belajar Ilmu Agama Secara Online VS Mendatangi Majelis Ilmu

Judulnya kok seperti pertarungan, memang terlihat seperti itu tapi ini penting untuk di ketahui oleh segenap umat muslim, karena maraknya website website islami di dunia online, yang seakan ingin menandingi majelis ilmu secara offline, lalu sebenarnya bagaimana cara menyikapi maraknya website islami tersebut, apakah bisa menggantikan kita untuk tidak hadir di majelis ilmu?, kali ini akan kita bahas tentang masalah ini, dan inilah inti maksud dari judul diatas.

Keutamaan Mendatangi Majelis Ilmu

mendatangi majelis ilmu vs membaca website islami

Majelis ilmu atau kajian saat ini marak dimasjid masjid sekitar kita, ada yang diadakan secara singkat dari waktu maghrib sampai isya dan ada juga yang di lakuakan setelah shalat isya dan tidak jarang juga di laksanakan pada siang hari dan sore hari, banyaknya majelis ilmu atau kajian ini selayaknya mendapatkan perhatian khusus untuk kita dan bisa menghadirinya, karena banyak sekali keutamaan mengahadiri mejelis ilmu tersebut.

Diantaranya adalah kita akan di mudahkan oleh ALLAH Azza Wajallaa jalan menuju surga, majelis ilmu adalah taman dari taman-taman surga, orang yang datang di majelis ilmu akan di naungi oleh para malaikat, di doakan oleh malaikat, dimintakan ampuanan oleh malaikat, dan ikan ikan di perairan juga akan memintakan ampunan kepada ALLAH untuk orang yang menuntut ilmu dengan mendatangi majelis ilmu.

Keutamaan tersebut kamikutip atau rangkuman dan mahfum dari hadist nabi, sengaja tidaksaya tuliskan hadistnya dan dari siapa periwayatnya, tapi di pastikan semua hadits tersebut adlah hadits shohih, dan semua hadist tersebut mengabarkan untuk orang yang belajar ilmu agama dengan hadir di majelisnya, dan tidak ada hadist yang menerangkan dengan membaca website islami secara online.

Cara Menggunakan Website Islami

Jadi jelas keutamaan mendatangi majelis ilmu lebih utama daripada membaca artikel islami di website islam, lalu apa gunanya website islami tersebut, apakah kita tidak boleh membacanya?, tidak demikian, tetapi bijaklah dalam menggunakannya, maksudnya website islami tersebut bisa kita gunakan untuk mencari ilmu atau referensi dari kajian yang sudah kita ikuti, misal kita tidak sempat atau kelewat dalammencatat ilmu yang di sampaikan oleh istadz yang menyampaikan, maka kita bsia mencari di website islami tersebut.

Dan website islami ini juga bisa digunakan untuk bahan bacaan tatkala waktu luang, dan ini jauh bermanfaat daripada kita menggunakan gadget kita untukbermain game atau membuka facebook dan instagram, dengan membaca website islami tersebut maka pengetahuan kita akan bertambah.

Jadi pada intinya, kita wajib mendatangi majelis ilmu karena ini adalah yang paling utama dan penuh keberkahan, jangan sampai website islami menggantikan kedudukan atau menjadi alasan tidakmendatangi majelis ilmu. Dan bacalah website islami dikala waktu luang untuk menambah pengetahuan akan khazanah islam.

Beberpa website islami yang layak untuk menjadi bahan bacaan adalah firanda.com, muslim.or.id, konsultasisyariah.com, yufid.com, penaungu.com, rumaysho.com, nu.or.id, manhajsalaf.or.id dan banyak website lainnya.