Cara Mematikan Windows Defender Untuk Sementara Waktu

Cara Mematikan Windows Defender – Cara mematikan Windows Defender hanya sementara waktu itu sangatlah mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mengikuti tutorial yang akan saya berikan melalui postingan kali ini.

Untuk lebih jelas, Windows Defender merupakan antivirus bawaan dari Windows yang telah dikembangkan oleh Microsoft supaya melindungi laptop / komputer Kamu dari berbagai mcam virus ataupun malware. Bahkan, dari beberapa fitur Windows Defender ini sangat ampuh dalam mengamankan dan sekaligus melindungi komputer Kamu dari berbagai ancaman virus.

Namun, Windows Defender itu kerap kali menganggap file ataupun aplikasi yang sebenarnya aman, tetapi dianggap berbahaya. Hal ini biasa ditemukan ketika Kamu akan melakukan penginstalan sebuah aplikasi.

Maka dari itu, ada saatnya untuk Kamu perlu mematikan atau menonaktifkan sementara Windows Defender supaya proses penginstalan aplikasi selesai dilakukan.

Cara Mematikan Windows Defender Sementara Waktu

Untuk menjalankan aplikasi ataupun program yang crack, biasanya sering dianggap virus oleh Windows Defender. Maka, Kamu perlu menonaktifkan atau mematikan Windows Defender yang digunakan untuk sementara waktu. Di bawah adalah tutorial terkait cara mematikan Windows Defender pada Windows 8.1 dan juga Windows 10.

1. Cara Mematikan Windows Defender di Windows 8.1

Untuk mematikan Windows Defender di Windows 8.1 itu sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menonaktifkan fitur real-time protection. Maka dengan cara begitu, komputer Kamu tidak akan diperiksa terus-menerus. Maka dari itu, manfaatkan hal tersebut untuk segera melakukan penginstalan aplikasi maupun program yang sebelumnya dicurigai oleh Windows Defender. Berikut ini langkah-langkah dalam mematikan Windows Defender pada Windows 8.1.

  • Buka Windows Defender (Kamu dapat mencarinya di search pada Start Menu)
  • Setelah membuka Windows Defender, klik Setting.
  • Setelah itu dilanjutkan dengan menghilangkan tKamu ceklis pada Turn on real-time protection (recomended).
  • Terakhir Klik Save Changes.

Dengan mengikuti tutorial di atas, berarti Kamu telah mematikan Windows Defender pada Windows 8.1. Bila Kamu ingin mengaktifkan kembali, Kamu hanya perlu melakukan ceklis di Turn on real-time protection (recomended).

2. Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Sama halnya seperti pada Windows Defender 8.1, Cara mematikan Windows Defender di Windows 10 juga sangatlah mudah. Kamu dapat mematikan fungsi Windows Defender dengan cara menonaktifkan fitur Real-protection. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Buka Windows Defender (Kamu bisa mencarinya di search pada Start Menu).
  • Berikutnya klik Virus & Threat Protectionataupun gambar perisai yang terletak di sebelah kiri.
  • Setelah itu klik Virus & Threat Protection Settings yang terletak di panel sebelah kanan.
  • Untuk mematikan Windows Defender di Windows 10 sementara waktu, silahkan ubah Real-Protection dari On menjadi Off.

Dengan mengikuti tutorial di atas, berarti Kamu telah berhasil mematikan Windows Defender di Windows 10. Bila Kamu ingin mengaktifkannya kembali, Kamu hanya butuh mengubah Off menjadi On di Turn on real-time protection.

Cara Mematikan Windows Security di Windows 10

Sejak perilisan update Windows pada Oktober 2018 lalu, lumayan banyak perubahan dan fitur baru yang diterbitkan oleh pihak Microsoft. Salah satunya diantaranya adalah perubahan dari Windows Defender menjadi Windows Security. Pokok utama dari perubahan nama itu yaitu Windows Security tidak lagi antivirus bawaan yang terdapat di aplikasi terpisah, melainkan telah ditambahkan di Windows Settings.

Cara mematikan Windows Security Windows 10 tentu berbeda dengan versi sebelumnya yakni Windows Defender. Kamu dapat mengikuti tutorial berikut ini untuk dapat menonaktifkan Windows Security pada Windows 10.

  • Buka Windows Security (Kamu dapat mencarinya di search pada Start Menu).
  • Kemudian klik Virus & Threat Protection.
  • Setelah itu, klik Windows Defender Antivirus Options dan ubah On menjadi Off di bagian Periodic Scanning.

Dengan mengikuti tutorial di atas, berarti Kamu telah berhasil mematikan Windows Security pada Windows 10. Bila Kamu ingin mengaktifkan kembali, ubah Off menjadi On pada bagian Periodic Scanning. Sangat mudah dan sederhana bukan?

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan terkait cara mematikan Windows Defender pada Windows 8.1, Windows 10, dan mematikan Windows Security di Windows 10. Setelah Kamu mematikannya, silahkan langsung jalankan program ataupun aplikasi yang akan digunakan. Selamat mencoba!


Artikel bersumber dari Nirvana Harapan.