Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kemuning Di Halaman Rumah

Sering Kita melihat toko bunga papan 24 jam menyiapkan pesanan di malam hari, berbagai bunga dipasang dan dirangkai sesuai dengan pesanan dari konsumen. Namun kenapa bunga itu selalu segar dan memiliki warna yang bagus ? Hal ini dikarenakan toko bunga memiliki suplier bunga yang mengerti dan paham dalam mengirim bunga namun yang terpenting adalah dalam menanam dan merawat hingga bunga itu di potong.

Tanaman hias Kembang kemuning adalah salah satunya Kembang yang banyak didapati di pekarangan rumah masyarakat. Daun tumbuhan Kembang kemuning seperti daun jeruk. Keindahan tanaman kemuning ada pada Kembang serta buahnya. Kembang bau harum.

Sedang buahnya sejumlah banyak serta berwarna merah-merah. Daunnya memiliki ukuran kecil-kecil hingga pas jadi tanaman hias. Biji-biji tanaman hias Kembang ini gampang berkecambah.

Langkah Menanam Kembang Kemuning

  • Tumbuhan ini benar-benar gampang dalam penanaman serta perawatannya. Kesempatan ini saya akan bagikan langkah menanam
  • Kembang kemuning serta langkah merawatnya juga.

Step Menanam Kembang Kemuning di Pot/ Polybag

  • Pembibitannya dapat dikerjakan dengan biji dari buah yang sudah berwarna merah gelap, awalnya jemur dahulu sampai kering serta disimpan di plastik atau toples untuk masih terbangun serta kering.
  • Umumnya tumbuhan Kembang kemuning ditanam di polybag, pot dan pada perkarangan rumah, apabila Anda ingin menanamnya karena itu yang perlu disiapkan yakni kombinasi tanah dengan pupuk kompos, atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Aduk dengan rata serta di letakkan pada media tanam,
  • Selanjutnya dimasukkan biji kemuning tadi ke media tanam, serta tutup dengan tanah serta siram bila diperlukan atau tanahnya jadi kering.

Step Menanam Kemuning dengan Cangkok

  • Pilih tangkai yang sudah seukuran minimum satu jari telunjuk orang dewasa.
  • Pilih tangkai atau cabang yang arah tumbuhnya ke atas. \
  • Kerat kulitnya selama seputar 3 cm.
  • Kerok sisi kayunya sampai berasa kasar. Ini pertanda sisi kambiumnya telah terbuang habis. Biarlah sepanjang 1-2 hari.
  • Sediakan lembaran plastik serta media tanam berbentuk tanah halus atau moss.
  • Bungkus sisi tangkai atau cabang yang sudah dikerat.
  • Sisi batas keratan harus ada di bungkusan.
  • Jaga kelembapan media tanam dengan menyiramnya dengan teratur.

Kelebihan perbanyakan vegetatif ini yakni tidak memakan waktu lama untuk memperoleh bibit tanaman kemuning memiliki ukuran besar. Seperti yang sudah diketahui bersama dengan, tumbuh kembang batangnya perlu waktu yang sangat lama untuk mendapatkan ukuran jari telunjuk orang dewasa, jika diperbanyak dengan biji.

Panduan serta Langkah Menjaga Kembang Kemuning
Tanaman ini tidak memerlukan penyiraman kebanyakan atau mungkin tidak kering. jika tempatnya begitu tidak kering maka mati, siram jika media tanam kering dengan seperlunya saja. Dengan pemeberian pupuk kandang atau kompos cukup karena itu tanaman akan cepat jadi membesar serta dan bunganya cepat mekar, dan tentunya tumbuh baik, bainya memberi pupuk dalam sebulan sekali agar bagus tanamannya

Untuk memperoleh bibit dalam jumlahnya banyak, langkah perbanyakan dengan biji benar-benar dianjurkan. Tanaman kemuning terhitung tanaman hias. Ia dapat dibuat jadi bonsai, tanaman pagar atau tanaman hias pengisi celah taman.

Untuk dibikin bonsai, benar-benar dianjurkan memakai akan hasil dari perbanyakan cangkok kemuning. Tehnis langkah mencangkok tanaman kemuning seperti yang sudah diterangkan sebelunya.

Tangkai kemuning terhitung lunak serta lentur hingga mudah dikerjakan pembentukan fundamen bonsai. Tangkai atau cabang tidak mudah patah. Tangkai warnanya putih. Tetapi sayangnya type perakarannya tidak bagus.

Benar-benar jarang-jarang didapati bentuk perakarannya yang bagus waktu tanaman ini tua. Ditambah lagi tanaman yang datang dari perbanyakan cangkok. Akar-akar yang tercipta berbentuk serabut-serabut. Jika tanaman datang dari perbanyakan biji, ada kesempatan dapat didapat tanaman dengan bentuk perakaran yang bagus.

Pengembangbiakan tanaman hias kemuning dengan mencangkok tanaman kemuning benar-benar dianjurkan untuk Anda yang ingin perbanyak tanaman ini. Tidak hanya dapat mendapatkan tanaman dengan ukuran yang sudah cukup besar, perbanyakannya tidak memakan waktu yang lama. Tapi, jika Anda ingin perbanyak kemuning dalam jumlahnya besar, perbanyakan dengan biji yang paling disarankan