Cara Mengatasi Laptop Hang

Laptop memang menjadi salah satu sahabat terbaik bagi banyak orang untuk menemaninya melakukan segala kegiatan mulai dari bekerja hingga melakukan aktivitas lain seperti mengerjakan tugas kuliah atau pun tugas sekolah. Hal ini membuat laptop menjadi salah satu perangkat yang tidak bisa lepas dari manusia dan membuat laptop mengalami banyak masalah karena digunakan secara terus menerus. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah laptop hang.

Untuk mengatasi laptop hang atau not responding pada saat dinyalakan pada windows 10, windows 8 dan windows 10 bisa melakukan langkah – langkah di bawah ini untuk mengatasinya.

Namun perlu kamu ketahui ya, jika cara cara di bawah ini bersifat hanya sementara dan masalah tersebut dapat kembali datang sewaktu waktu, maka dari itu simak baik baik ulasan dan cara yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Cara Untuk Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan (Starting)

Pada saat melakukan startup dan hendak masuk ke windows, terkadang membuat laptop menjadi hang secara tiba – tiba, ada beberapa hal yang menyebabkan laptop hang pada saat baru dinyalakan, contohnya seperti di bawah ini.

  1. Program windorws yang bermasalah dan dapat dikarenakan missing file system, corrupt dan juga adanya virus. Coba lakukan scan registry dengan CCleaner dan scan virus dengan antivirus.
  2. RAM dan kotor yang ada pada kipas, solusinya adalah dengan membersihkan RAM dengan menggunakan penghapus karet, kuas mau pun vacuum cleaner, apabila merasa ragu untuk mencobanya sebaiknya bawa laptop anda ke teknisi yang dapat dipercaya.
  3. Kemungkinan lain yang dapat terjadi adalah dengan disebabkan oleh motherboard yang bermasalah.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Not Responding

Untuk mengatasi Laptop yang Not Responding kamu dapat menggunakan cara di bawah ini :

  1. Tekan Ctrl + Shift + Esc, kemudian lanjutkan dengan memilih program yang not responding dan klik end task.
  2. Untuk alternatif yang lain kamu dapat mencoba dengan cara menekan Ctrl + Alt + Del kemudian pilih salah satu opsi, apabila ingin mematikan program ini, maka pilih saja task manager dan lakukan seperti penjelasan yang ada di atas tadi. Setelah menggunakan cara ini, biasanya laptop akan dapat kembali normal.