Cara mengatasi perut kembung pada bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami perut kembung. Perut kembung pada bayi membuat bayi merasa tidak nyaman, sehingga bisa menjadi penyebab bayi sering gelisah dan menangis tanpa sebab. Sebenarnya, perut kembung pada bayi hingga usia 3 bulan adalah wajar, karena saluran pencernaan tidak berfungsi dengan baik. Seiring bertambahnya usia, bayi juga mungkin mengalami kembung karena mereka mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya. Karena itu, Anda harus mengenali tanda-tandanya dan tahu cara menangani perut kembung pada bayi.

Di https://www.bukumedis.com/ saluran pencernaan, sebenarnya, ada gas atau udara. Tapi itu menjadi masalah jika gas yang dikandungnya berlebihan. Pada anak-anak yang lebih tua atau orang dewasa, gas dapat dengan mudah dilepaskan. Namun cara mengatasi perut kembung pada bayi berbeda. Alasannya adalah bahwa beberapa bayi tidak dapat dengan mudah melepaskan gas dari perut mereka dan membutuhkan bantuan orang dewasa untuk menghilangkannya.

Setelah mengetahui penyebab perut kembung pada bayi, mari kita lihat beberapa cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang mengikutinya.

1. Gosok perut bayi.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi, hal pertama adalah menggosok perut bayi. Jika perut bayi Anda bengkak dan ketika memukulnya dengan lembut itu membuat suara keras, Anda bisa menggosoknya. Metode ini sangat baik untuk menghangatkan perut bayi dan membantunya kembali normal. Bahkan membantu bayi untuk sering buang air kecil sehingga tidak membengkak. Cara mengatasi pembengkakan pada bayi adalah dengan menggosok perut bayi dari belakang ke pusar. Kemudian berikan tekanan yang sangat lembut saat mendekati pusar. Perhatikan bagaimana Anda menekannya, jangan mendorongnya terlalu keras karena bisa melukai perut bayi Anda.

2. Berikan pijatan lembut

Cara mengatasi perut kembung pada bayi di bawah ini adalah dengan memberikan pijatan lembut. Pijat kaki bayi dengan lembut, seperti perut, punggung, dan dada. Anda juga bisa menggunakan minyak yang memanaskan tubuh bayi untuk didistribusikan di area perut, punggung dan dada sambil memijat sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Lakukan pijatan satu jam setelah bayi mengisap. Hentikan pijatan jika bayi menangis atau menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman.

3. Tepuk punggung bayi dengan lembut.

Perut bayi Anda mungkin bengkak karena masalah angin yang terperangkap di perut. Kondisi ini biasanya terjadi setelah bayi minum susu formula, minum susu atau bahkan mendapatkan makanan pendamping. Efek dari makanan atau minuman ini dapat menyebabkan bayi bersendawa.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah setelah bayi mengisap, coba bawa dengan posisi tubuh bayi ke arah Anda, rekatkan perut Anda ke dada, lalu tepuk punggung kecil Anda sehingga si kecil kait bersendawa. Setelah bersendawa, pembengkakan bayi biasanya sembuh. Jika Anda tidak bersendawa terlalu banyak, baringkan bayi secara terbalik selama beberapa menit, sehingga perutnya tertekan dan gas bisa keluar dari perut.

4. Memperbaiki posisi menyusui

Cara selanjutnya untuk mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan memperbaiki posisi menyusui. Saat menyusui atau menyusui dengan dot, coba tempatkan kepala Anda lebih tinggi dari perut Anda. Dengan cara ini, ASI akan lebih mudah masuk ke lambung dan udara akan naik sehingga bayi bisa bersendawa. Gunakan bantal menyusui untuk memudahkan menyusui di posisi yang tepat.

5. Beri air hangat

Air hangat sangat baik untuk membantu perut bayi merasa lebih nyaman dan sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Metode ini dapat dilakukan untuk bayi baru lahir dan bayi yang berusia beberapa bulan. Jika bayi Anda masih bayi, cukup mandikan bayi dengan air hangat. https://www.faunadanflora.com/

Jika anak Anda berusia lebih dari 6 bulan dan sudah mulai makan, Anda dapat minum air hangat di atasnya. Namun, jika anak Anda belum mulai makan, Anda dapat mengompres perut dan punggung Anda dengan waslap yang hangat. Rendam kain selama beberapa menit dalam air hangat, tiriskan, lalu tempelkan di perut dan punggung bayi Anda. Mandi air hangat juga dapat membantu bayi mengeluarkan gas ke perut. Selain lebih mudah, cara mengatasi perut kembung pada bayi membantu membuat perut bayi lebih nyaman.