Cara Menghilangkan Bau pada Blender

Biasanya, blender adalah salah satu jenis mesin penghalus yang rentan terhadap bau yang muncul dari sisa bahan makanan, bumbu, dan rempah-rempah. Bau biasanya muncul ketika Anda memasak dengan menggunakan bawang merah  dan bawang putih serta  menghancurkannya menggunakan blender makanan Anda. Namun, pembersihan terkadang tidak cukup untuk menghilangkan bau tersebut, dan akhirnya memengaruhi rasa campuran makanan lain yang Anda buat. Untuk menghilangkan bau ini cukup mudah jika Anda tahu apa yang harus digunakan dan apa yang harus dilakukan.

Langkah 1 – Membaca buku petunjuk yang ada

Bacalah buku petunjuk yang disediakan pada blender makanan Anda dengan hati-hati, dan catat berbagai metode pencucian yang dapat Anda lakukan. Ada beberapa blender yang dapat dibersihkan yang dapat dibersihkan dengan mesin pencuci piring dan ada yang tidak.

Langkah 2 – Lakukan pembersihan awal

Cabut kabel blender jika terhubung ke soket listrik. Kemudian, gunakan obeng untuk melepas semua bagian yang bisa terlepas dari kasing dasar. Bersihkan masing-masing secara terpisah menggunakan air dan cairan pencuci piring, terutama toplesnya.

Gunakan air yang mengalir untuk membersihkan sisa-sisa makanan atau cairan sisa di dalam toples sebelum mengisinya setengah penuh dengan air hangat. Campurkan larutan deterjen, dan diamkan di dalam toples setidaknya selama beberapa menit untuk membersihkannya secara menyeluruh. Kemudian, dengan air sabun masih di dalam, kencangkan tutupnya dan blender dengan kecepatan tinggi selama minimal 15 hingga 30 detik.

Untuk poros bilah, gunakan serbet kering bersih atau sikat untuk menggosok pisau dengan air sabun. Jangan pernah mencucinya menggunakan mesin pencuci piring karena hal itu akan menumpulkan mata pisau.

Langkah 3 – Menggunakan cuka untuk membasmi bau

Tuang air dan larutan deterjen keluar dari toples blender. Buat campuran cuka dan air menggunakan rasio 50 banding 50. Basahi serbet dengan cairan ini dan gunakan untuk menyeka bagian dalam yang sulit dijangkau untuk menghilangkan bau yang tersisa. Anda juga dapat mengisi toples blender dengan larutan dan membaurkannya di dalam seperti yang Anda lakukan pada langkah sebelumnya.

Langkah 4 – Bilas dan bersihkan lagi

Bilas toples blender dengan air hangat lagi, dan semprotkan trim dan dasar blender dengan cairan pembersih kaca. Bersihkan menggunakan lap lembut atau handuk. Ikuti ini dengan membuat dan mengoleskan campuran soda kue dan air ke dasar dan bagian luar blender. Ini akan memastikan blender menjadi sebersih mungkin.

Langkah 5 – Keringkan dan simpan

Setelah menggosok semua bagian blender, atur komponen pada lap atau handuk yang bersih agar benar-benar kering. Pasang kembali semua bagian dan simpan blender dengan hati-hati.

Bau pada blender tidak terhindarkan jika Anda selalu menggunakan alat dapur ini. Biasakan membersihkan bagian bodi blender secara menyeluruh setelah setiap kali digunakan untuk menghilangkan kontaminan yang akan menghasilkan bau. Ini akan sangat membantu untuk memastikan bahwa Anda tidak harus berjuang melawan bau yang sulit dihilangkan nantinya.