Cara Menikmati Yakitori di Jepang

Yakitori, atau ayam panggang yang ditusuk, adalah salah satu hidangan paling populer di Jepang. Ketika Anda berlibur di negara ini dengan mengikuti paket wisata ke luar negeri atau solo traveling, maka Anda wajib mencicipinya. Namun, terdapat cara agar Anda dapat menikmati hidangan ini agar terasa lebih nikmat. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menikmati Yakitori ketika Anda sedang berlibur di Jepang.

Cara terbaik menikmati Yakitori

Yakitori adalah masakan Jepang dimana daging ayamnya dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan batang bambu dan dipanggang. Biasanya ada beberapa potong daging di setiap tusuk sate (dari satu sampai lima), yang dibumbui dan dimasak di atas panggangan api terbuka. Ini adalah hidangan favorit banyak orang, dan harus dicoba saat berada di Jepang.

Lanjutkan membaca untuk mempelajari cara menikmati yakitori dengan benar.

1. Makan hidangan berbumbu ringan terlebih dahulu

Untuk makan yakitori dengan cara yang paling enak, Anda harus mulai dengan hidangan yang berbumbu ringan terlebih dahulu. Misalnya, mulailah dengan sasami (tenderloin ayam), potongan daging yang menambah nafsu makan, lalu lanjutkan ke jantung, otafuku, dan hidangan lainnya, hal ini akan perlahan-lahan meningkatkan kedalaman rasa ketika Anda memakannya. Tidak ada aturan, bagaimanapun – Anda juga bisa makan jenis yang Anda suka, dalam urutan apa pun yang Anda suka.

2. Gigit daging di tusuk sate

Konon cara makan yakitori yang paling enak adalah dengan memakannya saat ditusuk. Para koki bekerja keras tanpa henti setiap hari untuk memberikan jumlah bumbuĀ  yang tepat pada setiap tusuk sate, dan diyakini oleh banyak orang bahwa upaya ini membuat rasa yakitori itu sendiri lebih enak, oleh karena itu memakannya di tusuk sate adalah yang terbaik.

Kemudian, ada wadah yang ditempatkan di setiap meja agar Anda bisa meletakkan tusuk sate setelah makan yakitori. Jika Anda tidak yakin yang mana wadah tusuk sate, minta staf untuk menunjukkannya kepada Anda.

3. Tata krama saat makan Yakitori

Ada juga bumbu lain yang tersedia untuk yakitori Anda; cabai rawit, shichimi togarashi (campuran tujuh bumbu), sansho (bubuk lada Jepang), wasabi, lada hitam, dan bumbu lainnya biasanya sudah ada di atas meja.
Namun kami ingin menunjukkan bahwa tidak disarankan untuk menggunakan shichimi, sansho, atau perasa lainnya pada yakitori yang baru dimasak. Bagi koki, yakitori paling enak adalah saat baru dibuat. Agar tidak menyinggung koki, cobalah yakitor satu gigitan tanpa bumbu tambahan terlebih dahulu, kemudian Anda bisa menambahkan sedikit bumbu ke daging.