Contoh Contoh Teks Editorial Berikut Strukturnya

Teks Editorial – Teks editorial juga biasa disebut teks opini. Dengan demikian, teks editorial adalah opini seseorang tentang suatu peristiwa yang masih dalam diskusi dan tidak masuk akal. Contoh teks editorial itu sendiri beragam, dengan topik yang juga berbeda. Kami belajar lebih banyak tentang teks editorial dan beberapa contoh.

Pengertian teks editorial

Menurut definisi, teks editorial didefinisikan sebagai teks yang berisi pendapat atau pendapat tentang suatu peristiwa atau peristiwa yang sedang dibahas dengan panas. Teks mungkin juga mengandung masalah yang belum terungkap. Teks editorial umumnya muncul di kolom surat kabar atau majalah yang menerima dan menerima masukan dari orang-orang yang memiliki pendapat.

Struktur teks editorial

Pernyataan pendapat
Struktur pertama dalam contoh teks editorial adalah pernyataan pendapat. Pernyataan pendapat berisi opini umum orang, tentang hal-hal yang sedang hangat dibicarakan dan masih merupakan masalah tanpa solusi.

Opini atau argumen
Pendapat atau argumen ini selalu ada dalam setiap contoh teks editorial. Struktur ini mengandung opini spesifik. Struktur ini juga dapat didefinisikan sebagai pendapat penulis yang mendukung opini publik. Dengan demikian, isinya menyangkut pendapat penulis yang memperkuat pendapat umum.

Pernyataan pendapat
Struktur ini berisi kesimpulan yang mengulangi topik presentasi sebelumnya. Tujuannya adalah untuk membuat informasi lebih mudah dipahami dan diserap oleh pembaca, ketika pendapatnya diulangi di bagian penutup. Ketiga struktur ini berbeda dari revisi teks sampel yang bertujuan untuk meninjau sebuah karya dalam beberapa hal.

Aturan teks editorial

kata keterangan
Kata keterangan adalah kata keterangan yang sering muncul dalam teks editorial. Seringkali, apa yang muncul dalam teks editorial adalah kata keterangan frekuensi, yang menggambarkan makna yang terkait dengan frekuensi kemunculan sesuatu yang dijelaskan oleh kata keterangan. Contohnya adalah “biasanya”, “selalu”, “sering”, “kadang-kadang”.

konjungsi
Dalam contoh teks editorial, konjungsi adalah konjungsi yang menghubungkan antar kalimat. Contohnya adalah kata-kata seperti “genap”, “genap” dan “sebenarnya”.

Kata kerja material, relasional dan mental
Kata kerja material adalah kata kerja untuk menunjukkan peristiwa atau tindakan fisik. Contohnya seperti “tulis”, “baca”. Dengan demikian, kata kerja relasional menunjukkan relasi intensitas yang merupakan contoh makna A adalah B, dan relasi kepemilikan yang contoh pengertiannya A memiliki B.

Sementara itu, kata kerja mental adalah kata kerja dengan penerapan persepsi seperti “melihat” dan “perasaan”, dipengaruhi misalnya “perhatian” dan “bagaimana” dan kognisi misalnya “memahami” dan “berpikir”.

Contoh Contoh Teks Editorial

Contoh teks editorial di media sosial
Misalnya pada K-Pop yang semakin berkembang di Indonesia. K-Pop sangat populer, terutama di kalangan remaja. Saya sangat senang dengan K-Pop, banyak remaja yang telah lupa atau bahkan tidak tahu budaya bangsa itu sendiri. Akibatnya, banyak karya seni anak-anak bangsa belum banyak mendapat apresiasi.

Contoh teks editorial di tempat sampah
Misalnya saja pada kebiasaan orang yang masih suka sampah. Ini sudah menjadi kebiasaan karena sudah sering dilakukan sejak kecil. Sayangnya, bahkan kebiasaan ini tidak dianggap salah. Pada akhir pernyataan pendapat, itu berisi harapan bahwa pemerintah akan menyediakan tong sampah untuk orang miskin secara gratis.

Contoh teks editorial tentang pendidikan
Contoh teks editorial ini dapat berhubungan dengan sekolah gratis di daerah di mana teknologi masih tidak terjangkau. Daerah tersebut bisa menjadi daerah terpencil di Indonesia. Pemerintah dapat semakin memobilisasi dan mendanai staf pengajar sukarela untuk membantu mengembangkan pendidikan di sana.

Contoh teks editorial tentang lingkungan
Misalnya, menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Setiap orang harus berusaha melestarikan dan menyelamatkan lingkungan sekitarnya. Karena itu, lingkungan yang bersih akan terasa nyaman dan mencegah berbagai penyakit. Siswa harus aktif menjaga kebersihan di lingkungan sekolah mereka.

Demikianlah pembahasan tentang contoh ontoh teks editorial, semoga bermanfaat .

Sumber : http:// https://materibelajar.co.id/