Contoh teks eksplanasi dan strukturnya

Hai teman-teman, sekarang di artikel ini saya akan membagikan contoh teks eksplanasi , yaitu teks eksplanasi tentang tsunami. Nah, materi ini sampai di kelas 2 SMA. Saya juga membahas materi tentang penjelasan teks eksplanasi di artikel saya sebelumnya. Jadi, bagi Anda yang belum membacanya, Anda dapat mampir ke pos saya terlebih dahulu.

Berbicara tentang suatu fenomena terkait erat dengan dunia ini. Ada berbagai jenis fenomena alam, mulai dari letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami dan banyak lainnya. Sekarang, yang akan kita bahas kali ini adalah teks penjelasan tentang tsunami. Belum tahu fenomena seperti apa yang terjadi tsunami. Maka dengan artikel ini, saya harap ini akan bermanfaat bagi Anda semua.

Pengertian teks eksplanasi

Memahami teks eksplanasi adalah teks yang berisi proses “bagaimana” dan “mengapa” pada topik yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial, ilmiah, budaya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

pengertian teks eksplanasi (teks eksplanasi) adalah teks yang berisi proses bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi dan pembahasannya selalu berkaitan dengan suatu topik. Topik-topik ini menyangkut fenomena alam, budaya, ilmu pengetahuan dan berbagai hal lainnya. Biasanya teks ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca sehingga suatu topik lebih mudah dipahami. Singkatnya, teks eksplanasi adalah teks yang memberikan penjelasan tentang pembentukan fenomena sosial atau sosial.

Memahami teks eksplanasi berdasarkan bahasa
Teks eksplanasi berasal dari kombinasi dua kata, teks dan penjelasan. Teks itu berarti tulisan yang panjang dan penjelasannya berasal dari kata Inggris “jelaskan” yang berarti jelaskan. Oleh karena itu, teks penjelas adalah teks yang berfungsi untuk mengklarifikasi sesuatu yang bisa berupa apa saja.

Eksplanasi berasal dari bahasa Inggris, khususnya dari kata “Eksplanasi” yang berarti tindakan menjelaskan atau menjelaskan dan penjelasan, pernyataan atau penjelasan fakta.

Memahami teks eksplanasi menurut para ahli
Menurut Restuti, teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan atau menjelaskan proses atau fenomena alam atau sosial.

Kamus Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia kontemporer: 651
Menurut The Contemporary English-Indonesian Dictionary, teks eksplanasi adalah teks yang berisi proses yang terkait dengan fenomena alam, sosial, ilmiah, budaya dan lainnya.

Mahsun (2013: 189)
Menurut Mashun, teks eksplanasi diatur dengan struktur yang terdiri dari bagian yang menunjukkan deklarasi umum (pembukaan), serangkaian penjelasan (isi) dan interpretasi / penutupan.

Karakteristik teks eksplanasi

Fitur atau teks eksplanasi termasuk:
Ini terdiri dari deklarasi umum (pembukaan), kalimat penjelas atau garis penjelas (isi) dan penutupan atau interpretasi. Deklarasi umum dalam bentuk deskripsi awal tentang apa yang akan disampaikan dengan berbagai pernyataan umum. Isi atau urutan penjelasan adalah inti dari teks penjelasan dan jelaskan apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Sementara bagian terakhir atau interpretasi berisi pendapat dan kesimpulan oleh penulis bahwa itu opsional karena mungkin atau mungkin tidak dimasukkan.
Berisi informasi berdasarkan peristiwa faktual.
Peristiwa faktual ini mengandung informasi ilmiah

Contoh teks eksplanasi dan strukturnya

Teks penjelasan banjir

Deklarasi umum
Banjir di Indonesia adalah masalah yang kompleks, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Masalah banjir harus menjadi solusi agar dampaknya tidak merusak dan merusak masyarakat. Tetapi kita tidak bisa memberikan tanggung jawab hanya kepada pemerintah. Karena masyarakat memiliki peran penting dalam menyelesaikan masalah banjir.

Urutan dan akibat urutan:
Banjir di Jakarta disebabkan oleh posisi geografis Jakarta yang lebih rendah. Selain itu, kepadatan penduduk di Jakarta juga relatif tinggi. Ini melibatkan konversi lahan kosong menjadi lahan perumahan, sehingga tidak ada ruang untuk penyerapan air.

Tidak hanya itu, masih banyak warga yang membuang sampah di sungai sehingga menghambat aliran sungai. Titik-titik ini adalah penyebab utama banjir di Jakarta saat hujan.

Untuk mencegah dan mengatasi banjir haruslah kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat luas. Dibutuhkan komitmen dan kerja sama dari berbagai pihak untuk mencegah banjir di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia.

Tindakan yang dapat diambil termasuk:
Bor lubang resapan air
Tambahkan ruang terbuka hijau
Ubah perilaku masyarakat untuk membuang sampah di tempatnya

interpretasi
Partisipasi semua elemen masyarakat harus dilakukan dengan koordinasi yang baik agar efektif. Mitigasi banjir dilakukan dalam beberapa fase, mulai dari pencegahan, selama banjir dan pemulihan pasca banjir.

Teks Eksplorasi Tsunami

Pernyataan umum:
Tsunami lahir dalam bahasa Jepang dan terdiri dari 2 suku kata, yaitu “tsu” (port) dan “nami” (gelombang). Ilmuwan menafsirkan istilah gelombang pasang surut atau gelombang seismik laut (gelombang gempa).

Tsunami adalah gelombang laut yang tiba-tiba tiba dengan kecepatan tinggi menuju daerah pantai, disebabkan oleh aktivitas vulkanik atau gempa bumi di bawah laut.

Urutan dan akibat urutan:
Ketika gempa bumi terjadi dan permukaan dasar laut naik dan turun di sepanjang sesar, maka terbentuklah tsunami. Patah tulang menyebabkan gangguan keseimbangan air laut. Kesalahan besar juga akan menghasilkan gelombang besar.
Tak lama setelah gempa, air laut akan mengalami air surut. Dan itu akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami).

Tsunami juga terjadi karena letusan gunung berapi di dasar laut yang menyebabkan pergerakan tinggi air laut atau perairan di dekatnya.

Tsunami memiliki kecepatan gelombang yang lebih tinggi daripada gelombang normal. Bahkan hingga 700 km / jam dan kecepatannya hampir sama dengan pesawat.

Umumnya gelombang tsunami setinggi 50-100 meter dan menyebar ke segala arah. Ketinggian tsunami juga dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai. Karenanya gempa bumi di dasar laut sangat memungkinkan terjadi tsunami.

interpretasi:
Bahkan, tsunami telah menjadi salah satu peristiwa alam paling berbahaya bagi manusia karena dapat menyebabkan kerusakan yang sangat besar dan bahkan dapat membutuhkan ribuan nyawa pada saat yang sama jika itu terjadi secara tiba-tiba.

Karena itu kita harus waspada setiap saat dan mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana tsunami. Meski tidak semua gempa bumi dan letusan gunung berapi di dasar laut menyebabkan tsunami.

Sumber: https://rumusrumus.com/