Detail! Penjelasan Suara walet

Apa Itu Suara walet?

Bagi pembudidaya walet tentu hal ini tidak asing, namun bagi pemula suara walet seringkali diartikan sebagai sekedar suara burung walet. Suara walet adalah sebuah bunyi yang diadakan untuk memikat kehadiran burung walet pada sarang atau tempat yang telah disediakan.  Suara walet bisa berupa MP3 atau sejenisnya yang diputar khusus untuk memikat burung walet. Anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli atau download suara walet MP3 gratis.

Tentunya tidak asal pilih suara walet untuk diputar. Anda perlu memilih suara walet terbaik untuk memikat burung walet tersebut. Anda bisa memilih suara walet asli alam MP3 atau suara walet panggil agar lebih mudah menarik perhatian burung walet untuk bersarang di tempat anda. Suara walet panggil bersih bisa menjadi andalan anda untuk memanggil walet agar tinggal di tempat anda.

Macam-Macam Suara Walet

Suara walet ternyata memiliki jenis yang beragam. Tentunya suara walet ori tentu akan selalu diutamakan. Meski tujuannya samacsama untuk membuat burung walet tertarik, suara walet ini terdiri dari beberapa jenis yang beragam. Adapun beberapa macam suara walet yang perlu anda ketahui sebagaimana berikut:

  • Suara Walet Inap

Suara walet inap merupakan salah satu jenis suara walet yang mampu memikat burung walet. Bunyi yang dihasilkan suara walet inap ini dapat menjadikan suara rumah atau tempat sarang terdengar sangat natural. Hal ini menjadikan burung walet baru terpikat untuk menetap di tempat tersebut dan menjadikan walet yang sebelumnya telah bersarang menjadi semakin betah untuk menetap.

Jenis suara walet inap ini memiliki karakter yang tenang. Suara yang dihasilkan cenderung pelan bahkan bisa juga berupa dengusan saja. Bagi burung walet yang baru, suara walet inap akan membuat burung walet tertarik sehingga akan menuju tempat yang disiapkan tersebut. Maka jika anda berminat untuk menarik burung walet baru untuk menetap di sarang yang anda siapkan, anda perlu untuk memancingnya dengan suara walet inap ini.

Bagi sebagian orang yang sudah mahir dalam pembudidayaan sarang burung walet, memilih suara walet yang tepat adalah suatu tagap yang penting. Hal ini disebabkan karena pemilihan suara walet mempengaruhi budidaya walet anda ke depan. Maka pilihlah suara walet yang berkualitas agar burung walet berhasil menetap di tempat atau sarang yang anda siapkan.

  • Suara Walet Panggil

Suara walet panggil sebenarnya memiliki manfaat yang sama dengan suara walet inap. Yakni sama-sama berfungsi untuk menarik burung walet agar bersarang. Namun yang membedakan adalah suara walet panggil memiliki bunyi yang khas. Yakni suara walet yang terdengar lebih berkicau. Hal ini bermaksud agar burung walet terpikat kemudian bersarang dan menetap di gedung atau tempat yang telah anda siapkan.

Suara walet panggil ini juga memiliki banyak versi, tentunya tujuan utama yang diinginkan tak lain adalah untuk membuat burung walet terpancing sehingga ia akan memasuki sarang yang telah ada. Adapun beberapa versi suara walet panggil ini seperti suara panggil birahi, suara panggil induk, suara panggil kawin, suara panggil walet anak, suara panggil agresif dan masih banyak lagi.

Jenis suara walet panggil dan inap dapat dengan mudah anda temukan di internet, baik secara gratis maupun berbayar. Keduanya tentu memiliki perbedaan yang signifikan. Jenis suara walet yang berbayar pastinya memiliki keunggulan yang lebih daripada yang download gratis mp3 di internet. maka tak jarang para budidaya burung walet seringkali rela untuk menyiapkan dana untuk menambah koleksi suara walet. Karena nantinya akan memberikan dampak baik bagi budidaya burung walet

  • Suara Walet Kalimantan

Suara walet kalimantan memiliki kedua jenis suara walet. yakni suara walet inap dan suara walet panggil. Nama suara walet kalimantan ini pada dasarnya tidak hanya di gunakan untuk wilayah kalimantan saja, akan tetapi bisa digunakan di bnyak tempat. Seringkali orang beranggapan bahwa jenis suara walet ini ditempatkan khusus di daerah tertentu, padahal sebenarnya tidak demikian. Suara walet kalimantan ini bisa digunakan di luar daerah kalimantan, misalnya di daerah sumatera, sulawesi, papua, jawa, bali dan sebagainya.

  • Suara Walet Sulawesi

Sebagaimana suara walet kalimantan yang telah dijelaskan sebelumnya, suara walet sulawesi juga demikian. Tidak memiliki kekhusussan penempatan ataupun penggunaan layaknya manusia dengan bahasa daerahnya. Suara walet sulawesi juga bisa digunakan di tempat atau daerah manapun. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya burung walet antara daerah satu dan lainnya sama. Mereka hanya mampu mendengarkan tanpa mampu berbahasa sebagaimana manusia.

Suara walet sulawesi bisa digunakan di pulau jawa, kalimantan, bali, papua, sumatera dan masih banyak lagi. Hal ini terjadi karena burung walet tidak sama dengan manusia yang berbahasa sesuai daerahnya. Burung walet memiliki kemampuan yang sama antara walet daerah jawa maupun burung walet daerah sulawesi. Dengan demikian anda tidak perlu khawatir jika ingin memilih suara walet jenis ini untuk digunakan di rumah anda yang berlokasi tidak di pulau ini atau sebaliknya.

Suara Walet Terbaik

Diantara berbagai jneis suara walet yang ada, tentu ada yang paling baik diantara semuanya. Suara walet yang terbaik adalah suara waret yang dapat menarik burung walet untuk berdatabngan serta menetap di sarang yang sudah anda siapkan. Nah berikut beberapa kriteria suara walet terbaik yang perlu anda ketahui.

Jenis suara walet panggil yang terbaik adalah jenis bunyi atau suara yang cenderung dari tinggi atau high ke rendah. Suara jenis ini dapat membuat burung walet tertarik untuk menuju sarang anda. Tidak hanya itu, suara walet yang nyaring juga mampu memikat burung walet untuk bersarang.

Perpaduan antara jenis suara inap dan suara anak unggas atau biasa disebut piyik.  Jenis suara yang dihasilkan oleh perpaduan ini cenderung menghasilkan suara walet terbaik. Maka dengan demikian akan mudah memikat burung walet utuk singgah di tempat sarang walet yang disiapkan.

Pilih suara walet yang tidak dipilih secara asal atau tanpa seleksi atau percobaan yang valid. Hal ini tentu akan mempengaruhi hasil suara yang digunakan untuk memikat burung walet. jika suara walet terbaik tidak dihasilkan, maka otomatis akan mempengaruhi hasil budidaya burung walet yang sedang ditekuni.

Jenis suara walet yang terbaik selanjutnya adalah suara walet birahi atau suara burung walet yang sudah kawin. Suara walet birahi ini terdengar lebih memikat burung walet yang nantinya akan menjadikan koloni burung walet tersebut akan meningkat. Tentunya kemudian akan mendatangkan atau mengundang burung walet baru untuk turut serta menetap di tempat atau sarang burung walet yang telah disediakan.

Demikian beberapa informasi terkait suara burung walet yang perlu anda ketahui, terutama bagi anda yang sedang atau ingin menekuni usaha budidaya walet. tentu informasi terkait suara walet ini akan sedikit membantu anda. Semoga bermanfaat.