Homestay Dieng dengan Aneka Fasilitas untuk Wisatawan

Sebagai sebuah kawasan wisata yang sepanjang tahun dikunjungi oleh pelancong dari berbagai tempat, Anda bisa menemukan banyak sekali Homestay Dieng. Modelnya pun beragam, mulai dari homestay dengan konsep bangunan lokal yang sarat kearifan, hingga homestay modern yang tidak kalah dari hotel berbintang.

Homestay Dieng untuk Para Wisatawan

Terdapat puluhan homestay yang menjadi tempat bernaung para wisatawan di kawasan Dieng. Setiap homestay menawarkan promo yang berbeda-beda, dan tentu saja budgetnya bisa disesuaikan dengan kantong pengunjung. Apabila dilihat dari segi harga, homestay di Dieng tergolong bersahabat karena ditujukan agar bisa ditempati oleh wisatawan dari berbagai kalangan.

Homestay lokal yang ada di Dieng lebih banyak bertemakan alami. Bahkan ada homestay yang bangunannya secara keseluruhan terbuat dari anyaman bambu. Dindingnya berasal dari bambu, demikian juga dengan properti lainnya. Desain serupa ini sangat disukai oleh wisatawan karena membuat mereka secara langsung bisa merasakan nuansa alami yang kental.

Selain itu, masih banyak lagi penginapan yang temanya bervariasi. Sebagian besar homestay di kawasan Dieng dibangun seperti rumah penduduk pada umumnya. Ada bangunan yang sejak awal didesain agar menjadi penginapan, ada juga bangunan yang sebenarnya rumah tetapi sebagian dipoles untuk dijadikan penginapan.

Fasilitas Homestay di Dieng

Fasilitas yang ditawarkan homestay di Dieng secara umum seragam. Ada tempat tidur lengkap beserta penghangat diri seperti selimut atau bed cover, kamar mandi dengan air alami yang rasanya sangat dingin, televisi, dan lain-lain. Anda tidak perlu repot-repot mencari AC karena homestay di tempat ini suhunya sudah sangat dingin secara alami, bahkan lebih dingin dari suhu terendah AC.

Ada homestay yang sekaligus menyediakan makanan, ada juga yang mengharuskan pengunjung mencari makanan secara terpisah. Bagi homestay dengan fasilitas sarapan, Anda bisa mencoba makanan khas Dieng yang akan memanjakan lidah. Biasanya setiap pagi dan sore akan ada orang yang mengantarkan menu untuk pengunjung.

Homestay di Dieng rata-rata memiliki jendela yang bertipe tembus pandang dari dalam. Hal ini bertujuan agar wisatawan tetap bisa menikmati keindahan panorama alam Dieng meskipun sudah berada di dalam penginapan. Akomodasi dan akses menuju homestay sudah cukup mudah, beberapa homestay bahkan menawarkan paket antar jemput menuju lokasi wisata terkenal di Dieng.

Biasanya ada penginapan yang lokasinya berdekatan dengan objek wisata tertentu dan didesain agar menghadap objek tersebut. Tentu homestay semacam ini yang paling laris diburu oleh pengunjung. Alasannya sederhana, wisatawan ingin tetap memanjakan indera dengan panorama Dieng yang memikat sekalipun sudah berada dalam ruangan tertutup.

Homestay di Dieng rata-rata berupa bangunan satu atau dua lantai. sangat sedikit yang dijumpai lebih dari dua lantai, kecuali memang didesain secara khusus untuk menjadi mini hotel. Kebanyakan bentuknya seperti rumah penduduk pada umumnya. Jadi wisatawan bisa merasakan kenyamanan yang mengingatkan kepada rumah sendiri