Ini Dia Usaha Kuliner Nasi Tumpeng

Siapa di sini yang tidak senang dengan nasi tumpeng ulang tahun ? Nasi berupa kerucut dengan bermacam lauk pauk ini jadi diva buat beberapa tamu saat hadiri satu pesta atau hajatan. Ya, nasi tumpeng umumnya memang disajikan jadi sajian pada beberapa tamu dalam satu acara syukuran atau hajatan.

Siapa di sini yang tidak senang dengan nasi tumpeng ulang tahun ? Nasi berupa kerucut dengan bermacam lauk pauk ini jadi diva buat beberapa tamu saat hadiri satu pesta atau hajatan. Ya, nasi tumpeng umumnya memang disajikan jadi sajian pada beberapa tamu dalam satu acara syukuran atau hajatan.

Nasi tumpeng ini awalannya datang dari wilayah jawa Tengah, tetapi sekarang sudah banyak nasi tumpeng ciri khas wilayah lain dengan macam mereka sendiri. Bagaimana dengan daerahmu, apa memiliki nasi tumpeng ciri khas tertentu?

Macam Nasi Tumpeng dari Beberapa Wilayah

Untuk meningkatkan pengetahuan serta wacana Anda, kami akan membahas mengenai tipe nasi tumpeng dari beberapa wilayah. Info ini dapat dipakai jadi rujukan tentang dimana tempat yang pas untuk pesan nasi tumpeng yang lezat untuk hajatan Anda. Baca penjelasan berikut ya!

Nasi Tumpeng Ciri khas Jakarta

Macam nasi tumpeng di Indonesia yang pertama dari DKI Jakarta. Untuk wilayah Jakarta umumnya nasi tumpeng dipakai jadi hidangan saat rayakan Ibu Kota dari Negara Indonesia itu. Tidak hanya untuk acara ulang tahun, nasi tumpeng ciri khas Jakarta ini umumnya disuguhi saat resmikan satu bangunan atau usaha.

Pada intinya, nasi tumpeng Jakarta ini mempunyai penampilan fisik yang tidak jauh tidak sama dengan nasi tumpeng ciri khas jateng. Satu hal yang memperbedakan yakni pada menu lauk pauk yang dipakai. Lauk yang dipakai dalam nasi tumpeng Jakarta ialah ayam bakar, gepuk daging sapi, perkedel kentang, orek tempe, serta sambal goreng ati serta telur puyuh.

Tenang saja, buat Anda yang ingin memakai nasi tumpeng ciri khas Jakarta dalam acara ulang tahun atau syukuran, sekarang banyak layanan catering yang andal hingga Anda bisa pesan nasi tumpeng Jakarta yang super lezat itu.

Nasi Tumpeng Ciri khas Sunda

Satu macam nasi tumpeng dari wilayah lain di Indonesia yakni Sunda atau Jaw barat. Bukan jadi rahasia jika Jawa barat menjadi gudangnya makanan lezat serta nikmat, diantaranya ialah nasi tumpeng.

Tidak sama dengan nasi tumpeng dari wilayah lainnya yang mempunyai bermacam lauk dengan bumbu uniknya semasing, nasi tumpeng ciri khas sunda mempunyai satu lauk yang terbagi dalam beberapa jenis bahan seperti ayam, daging sapi, kentang, tempe, buncis, wortel, serta ada banyak

Disamping itu, nasi tumpeng ciri khas sunda inin memakai kombinasi beras ketan, hingga struktur nasinya lebih padat.

Nasi Tumpeng Ciri khas Jawa Tengah

Untuk variasi nasi tumpeng yang satu ini sudah pasti benar-benar familiar di telinga Anda, ya, nasi tumpeng ciri khas jateng. Nasi tumpeng ciri khas jateng ini mempunyai bermacam tipe untuk beberapa kepentingan juga. Seperti nasi tumpeng nujuh bulan untuk acara tujuh bulanan kehamilan, nasi tumpeng robyong untuk acara siraman, tumpeng nasi kuning untuk acara syukuran, serta ada banyak .

Jadi pendamping, nasi tumpeng ciri khas jateng ini diberikan dengan ayam suwir, tempe orek, mie goreng, perkedel, serundeng, serta lalapan. Untuk meningkatkan cita rasa serta keindahan, nasi tumpeng ini ditambah lagi rempah-rempah kunyit hingga warnanya jadi kuning.

Nasi tumpeng ciri khas jateng ini diberikan di atas nampan bundar dengan alas daun pisang yang dibuat segitiga di bagian pinggirnya.

Demikian penjelasan komplet tentang macam nasi tumpeng dari beberapa jenis wilayah. Mudah-mudahan artikel ini berguna, terima kasih.