Macam Kaligrafi Untuk Hiasan Masjid

Penggunaan kaligrafi untuk menunjang keindahan masjid memang sudah banyak pengaplikasiannya oleh berbagai masjid di tanah air. Pemilihan kaligrafi sebagai hiasan masjid memang dianggap yang paling pas dan sesuai. Berbagai macam kaligrafi untuk hiasan masjid yang ada akan diulas pada artikel ini.

Banyaknya bentuk, bahan dan jenis kaligrafi memang agak membingungkan untuk pemilihan penggunaanya. Maka dari itu, berbagai jenis dan macam kaligrafi untuk hiasan masjid akan di bahas pada artikel ini. Berikut adalah macam-macam kaligrafi yang bisa dijadikan rekomendasi hiasan pada masjid.

1. Kaligrafi Kubah Masjid

Penggunaan kaligrafi untuk menambah kecantikan dan keindahan masjid memang sudah banyak sekali pengaplikasiannya. Salah satunya adalah dengan membuat kaligrafi pada kubah masjid, yang biasanya hanya berwarna emas dan polos. Kubah masjid bisa di berikan sentuhan ukiran kaligrafi untuk menambah kesan religius.

2. Kaligrafi Pada Mihrab Masjid

Mihrab masjid memang menjadi salah satu tempat yang seolah wajib untuk diberikan tambahan kaligrafi ukir atau lukisan kaligrafi. Hal ini dikarenakan mengacu pada mihrab yang berada di center point imam dan ada pada tengah ruangan. Kaligrafi yang bisa digunakan dalam mihrab masjid beragam mulai dari ukir kayu hingga kerajinan tembaga.

3. Kaligrafi Dinding Masjid

Pemasangan kaligrafi dinding masjid menggunakan media lukis atau menggunakan pigura memang paling umum dilakukan. Kaligrafi jenis ini biasanya menggunakan media kanvas, kain atau lempengan kuningan yang diukir. Pemilihan kaligrafi dinding masjid ini bisa menjadi solusi penghias masjid yang indah dan tentunya bermanfaat.

4. Kaligrafi 3D Dari Kerajinan Tembaga

Untuk menambah keindahan dan keunikan masjid menggunakan kaligrafi bisa memilih dengan menggunakan kaligrafi 3D dari kerajinan tembaga. Kaligrafi jenis ini akan memberikan bentuk visual yang lebih menarik, nyata dan tentunya unik. Setiap lafadz dan ayat Allah SWT yang dibentuk dengan metode 3D dan bahan tembaga akan menambah keindahan masjid.

5. Kaligrafi Menara Masjid

Memang tidak semua masjid memiliki menara yang menunjang kemegahannya, namun untuk masjid yang memiliki menara agaknya bisa menambah kesan kaligrafi. Pemilihan kaligrafi untuk menara masjid bisa melalui proses pengukiran langsung pada tembok menara sehingga menimbulkan kesan 3D. Namun bisa juga dengan pemilihan teknik lukis pada menara masjid, tinggal disesuaikan dengan kebutuhannya.

Diatas itulah beberapa macam kaligrafi untuk hiasan masjid dan salah satunya yang menarik adalah yang dari bahan kerajinan tembaga. Memuliakan masjid dan memperindah masjid adalah salah satu bentuk kecintaan manusia terhadap Allah SWT. Maka pilihlah yang terbaik.