Manajemen Informatika atau Teknik Informatika? Ini 3 Perbedaannya

Cari Tahu Jurusan Anda

Manajemen Informatika dan Teknik Informatika adalah 2 jurusan yang cukup favorit sekarang ini. Namun apakah kalian tahu apa perbedaan diantara keduanya? Jangan sampai maunya kuliah di Jurusan Teknik Informatika, ternyata justru malah nyasar ke Jurusan Manajemen Informatika atau sebaliknya. Mari kita lihat bedanya sebelum Anda memilih.

1. Nama-Nama Lain

Di jurusan Teknik Informatika dikenal sebagai Ilmu Komputasi, Ilmu Komputer, Matematika Komputasi dan lainnya. Pada sistem pendidikan Barat, Teknik Informatika akan lebih dikenal sebagai Computer Science.

Di jurusan Manajemen Informatika dikenal sebagai Sistem Informasi Manajeman, Manajemen Sistem Informasi atau Manajemen Informasi. Informastion System merupakan nama lain Sistem Informatika dalam Bahasa Inggris.

2. Ilmu yang Dipelajari

Pada Jurusan Teknik Informatika, Anda akan mempelajari tentang merancang dan mengembangkan transformasi fakta berlambang, baik itu berupa informasi maupun data, pada mesin yang berbasis algoritma komputasi. Anda juga akan belajar tentang Computer Vision, Sistem Cerdas, Robotika, dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan komputer dimasa depan

Pada Jurusan Manajemen Informatika, Anda akan mempelajari tentang bagaimana caranya membangun serta menerapkan Teknologi Informasi di dalam dunia bisnis sehingga tujuannya tercapai. Dengan berbekal ilmu, Anda akan merancang, mengembangkan, serta menerapkan sistem informasi organisasi, institusi, perusahaan, atau korporasi. Dengan maksud lain, Anda akan dilatih dalam mengintegrasikan proses bisnis dengan Teknologi Informasi sebagai solusi serta bagaimana menggunakan sumber daya informasi dalam menunjang produktivitas organisasi. Anda akan mempelajari bagaimana sebuah informasi diciptakan, diproses hingga kemudian didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam organisasi (Manajemen Teknologi Informasi).

3. Perkuliahan dan Kurikulum

Selama di kuliah, kurikulum Teknik Informatika akan mengharuskan Anda bertemu dengan ilmu pengetahuan yang sarat akan logika matematika, algoritma serta komputasi.

Di kurikulum Manajemen Informatika akan mengarahkan Anda untuk memahami bagaimana pentingnya Teknologi Informasi untuk bisnis. Di dalam perkuliahan, Anda akan dilatih untuk memastikan supaya Sistem Informasi dan Teknologi yang dimiliki bisa membuat perusahaan menjadi unggul dalam persaingan bisnisnya.

Nah, Anda sudah tahu bedanya antara Teknik Informatika dan Manajemen Informatika? Jadi jurusan mana yang akan menarik minat dan sesuai dengan kemampuan dan bakat Anda? Tidak kalah pentingnya, bidang mana yang sekiranya sanggup untuk Anda geluti seumur hidupmu?