Melihat Sisa Peninggalan Benteng Vastenburg di Surakarta

Di Surakarta terdapat banyak sekali objek wisata yang berada di dalam kota. Salah satu objek wisata yang populer adalah sebuah benteng yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Benteng tersebut adalah Benteng Vastenburg yang lokasinya berada di pusat kota ini. Benteng ini sebelumnya tidak dirawat sehingga meninggalkan kesan angker bagi warga sekitar. Tidak banyak yang warga yang memperdulikannya sehingga tampak kumuh dan tidak terawat.

 Benteng Vastenburg merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1774 dan selesai 1779 pada masa Jenderal Baron Van Imhoff. Luas benteng ini sekitar 40.000 m2. Pada masa kolonial Belanda benteng ini digunakan untuk benteng pertahanan, tempat warga Belanda berlindung, perkantoran, penjara, dan masih banyak lagi.

Sejak 2009 warga Solo melakukan kegiatan Rakyat Solo “Membeli” Benteng Vastenburg. Saat ini benteng ini telah dikelola dengan baik dan juga beberapa bagian bangunan di renovasi. Dinding-dinding yang dulunya penuh lumut sudah di bersihkan dan dicat sehingga tampak bersih. Benteng Vastenburg pun sekarang menjadi salah satu tujuan wisata utama bagi warga Solo dan juga wisatawan yang datang dari luar negeri. Waktu sore dan malam hari adalah waktu terbaik untuk datang ke benteng ini dimana pemandangan lampu-lampu kota tampak indah menghiasi kawasan ini.

Lokasi Benteng Vastenburg:

Benteng Vastenburg berlokasi dekat dengan Keraton Solo tepatnya Kedung Lumbu, Pasarkliwon, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Lokasinya berada di pusat Kota Solo yang mana memudahkan wisatawan untuk mencarinya dan bisa mengunakan berbagai macam kendaraan. Bagi wisatawan yang sedang mencari paket tour murah Jogja dapat meluangkan waktu untuk melihat objek wisata ini dan bisa juga mengunakan bus wisata di Jogja jika berkunjung dalam jumlah besar.

Tiket dan Jam Buka Benteng Vastenburg:

Objek wisata ini buka setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu. Jam bukanya selama 24 jam. Tiket masuk kawasan ini adalah sebesar Rp. 2.000 perorang. Untuk anak-anak dikenai biaya Rp. 1.000,-.

Tips Wisata Benteng Vastenburg:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman saat berwisata disini.
  2. Waktu terbaik wisata di kawasn ini adalah saat sore dan malam hari.
  3. Pakailah alas kaki yang nyaman untuk beraktivitas diluar ruangan.
  4. Jagalah kebersihan kawasan benteng.
  5. Jangan melakukan vandalisme.