Pengertian Islah dan Macam-Macam Islah

Dilansir dari majalahpendidikan.com Islah dalam studi hukum Islam sedang memperbaiki, mendamaikan dan menghilangkan perselisihan atau kerusakan. berjuang untuk perdamaian; membawa harmoni; dorong orang untuk berdamai satu sama lain; melakukan perbuatan baik; berperilaku seperti orang suci. tujuan islah mencakup sudut-sudut kehidupan manusia baik secara pribadi maupun sosial. Dalam bahasa Arab modern, istilah ini digunakan untuk penjelasan pembaruan (tajdid).

Islah dalam Encyclopedia of Beliefs adalah perdamaian dan penyelesaian dari sebuah perjuangan. Mengenai terminologi, rekonsiliasi adalah rekonsiliasi perjuangan, jika ada pihak ketiga dalam perselisihan, harus ada pihak ketiga yang mengintervensi dan menyelesaikan.

Berbagai jenis Islah

Ishlah di kredo
Aqeedah adalah keyakinannya pada agama yang dihormati. misalnya, kepercayaan Islam adalah monoteisme, sedangkan kepercayaan Kristen adalah trinitas.

Ishlah dalam kehidupan pribadi
Dalam kehidupan pribadi, Islam juga menuntut adanya kedamaian antara berbagai niat manusia dalam kehidupan pribadinya, dengan gagasan kebaikan dan disiplin, yang terkandung dalam niat itu.

Perilaku seseorang, diilustrasikan oleh karakter atau karakternya, adalah kepribadian yang dimasukkan ke dalam jiwa manusia, dari mana tindakan sederhana dan mudah muncul tanpa harus dipikirkan dan dipertimbangkan lagi.
kemampuan manusia untuk melakukan Ishlah dalam dirinya terlahir dari dia karena mengetahui yang baik. Kecenderungan utamanya terhadap kebaikan, lebih baik mengantarkan manusia untuk menyetujui perintah Allah (agamanya) yang dinyatakan sesuai dengan fithrah (asal usul peristiwa manusia). Di sisi lain, karena keutamaan mereka dari alternatif manusia, maka kemudian pada saat tanggung jawab, manusia menghadapi diri mereka sendiri.

Ishlah dalam hubungan manusia
Dalam hubungan umum antar manusia secara umum, konstitusi Islam juga membutuhkan perdamaian atau rekonsiliasi antar manusia. Inilah sebabnya mengapa orang ditransformasikan menjadi kebangsaan dan suku, yang tidak lain hanyalah kerak bumi.

Pada saat yang sama, konsepsi tanggung jawab orang mengandung peran untuk membenarkan, mengabaikan dan memutuskan prestise diri mereka sendiri. Dalam pengamatan ganda ini, gengsi pribadi dan gengsi di antara kawan-kawan harus diketahui.

Ishlah dalam struktur komunitas
Islam percaya bahwa persatuan orang-orang dengan masyarakat adalah suatu keharusan. moralitas manusia tidak memungkinkan kehidupan yang jauh. Pembentukan masyarakat adalah dampak dari ketidakmampuan ini, kebutuhan manusia untuk tetap bersama benar-benar meningkat.

Di satu sisi, keinginan untuk mendominasi dan menyerang, yang merupakan karakter bawaan manusia, mampu mendorongnya untuk bertindak tanpa berpikir atau mengganggu. otoritas dan kekuasaan yang mereka butuhkan adalah satu-satunya cara yang mampu mengatasi kebencian, kesombongan, kecurigaan, kesombongan pribadi dan dengan demikian menyelamatkan warga negara yang sama.

menurut Ahmad Muhammad Jamal, langkah perdamaian dalam umat Islam harus dicapai amar ma’ruf dan nahi mungkar dan kebenaran timbal balik wajib di antara anggota masyarakat. Selain itu, juga perlu untuk menerapkan (menjawab) dan memutuskan sanksi terhadap mereka yang berusaha untuk merusak jiwa, kehormatan dan harta benda, bahkan mereka yang melakukan kejahatan mengganggu perdamaian dan kehidupan manusia di bumi ini.

Ishlah kepada pemerintah
Islam membutuhkan keadilan dalam pemerintahan dan kesetaraan dalam hak semua orang dalam rezim Islam, bahkan jika ada non-Muslim di antara mereka.
desain ishlah dalam pemerintahan ini, telah direalisasikan sejak masa Nabi, dengan pengumuman “Piagam Madinah” yang, antara lain, berisi pangkalan-pangkalan perdamaian antara orang yang tidak beriman dan pengikut Islam. bagi mereka yang non-Muslim yang masih dilindungi oleh pemerintah Islam, mereka yang dilindungi dikenal sebagai ikafir zimmi.

Sumber : gurusekolah