Pentingnya Web Design yang Menarik dan User Friendly

Tingkatkan situs web resource anda dengan web desain yang mudah digunakan. Di dunia digital saat ini, web resource perusahaan anda sama pentingnya dengan layanan-layanan pelanggan yang dilakukan secara langsung atau secara fisik. Hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk melayani pelanggan anda secara digital adalah menghadirkan sebuah web desain yang mudah digunakan. Persaingan yang ada sangat ketat, dan jika pengguna tidak bisa dengan cepat dan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan di situs anda, mereka akan meninggalkan website anda.

 

Web desain yang mudah digunakan adalah gabungan antara konten, desain dan fungsionalitas, semuanya bekerja sama untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa elemen kunci dari website yang mudah digunakan.

  • elemen kunci desain internet yang ramah pengguna
  • sederhana dibaca
  • sistem navigasi
  • optimisasi seluler
  • waktu muat halaman

 

Mudah Dibaca

Sebagian besar konsumen hanya secara sekilas saja mencari informasi yang mereka inginkan dari sebuah website sebelum pindah ke website berikutnya. Untuk memuaskan pengunjung anda, tampilan yang mudah dibaca harus berada di bagian atas daftar prioritas anda. Tampilan yang mudah dibaca artinya format konten yang tepat. Gunakan penempatan judul, subjudul, space kosong dan paragraf pendek untuk sebuah postingan. Sebagai aturan praktis, yang terpenting adalah tetap pendek dan sederhana. Tidak ada yang ingin mencari melalui blok teks yang besar untuk menemukan apa yang mereka cari. Selanjutnya muncul skema warna. Pastikan ada bisa kontras antara latar belakang website anda dan warna font anda agar kata-kata mudah dibaca. Bila anda memilih font pertimbangkan untuk memakai font sans serif, yang paling sering digunakan dalam desain website, sedangkan font serif digunakan dalam media cetak.

 

Navigasi

Selalu buat desain dengan memikirkan kenyamanan pengguna anda. Artinya anda perlu mengatur konten sesuai bagaimana seorang pengguna akan menavigasi melewatinya. Sesuaikan sistem navigasi dan urutkan website anda berdasarkan relevansi dan minat sehingga pengguna akan menemukan informasi terpenting terlebih dahulu. Sertakan menu, tapi tetap sederhana. Memasukkan sistem menu berlapis banyak ke dalam desain website anda membingungkan pengguna dan mereka pasti akan tersesat di website anda. Menambahkan bilah penelusuran merupakan cara cerdas, karena memungkinkan pengguna untuk langsung mencari apa yang mereka cari daripada satu persatu menggulirkan halaman konten. Akhirnya, hindari memakai singkatan dan akronim. Meskipun anda mungkin berpikir maknanya telah jelas, konsumen mungkin tidak sadar akan akronim tertentu.

 

Optimalisasi Ponsel

Sebagian besar orang pada jaman sekarang telah memiliki smartphone, dan bagi banyak orang ponsel mereka adalah kunci utama mereka masuk ke dunia online. Ini berarti bahwa optimisasi cell adalah bagian tak terpisahkan dari per web desainan. Optimisasi seluler akan membantu pengguna supaya lebih mudah mengakses website anda kapan pun dan darimana pun mereka mau.

 

Waktu Muat Halaman

Jika website anda tidak dimuat dalam waktu 4-6 detik, maka website anda terlalu lambat. Waktu muat yang lambat tidak hanya mengusir pengguna, tapi lagi merusak peringkat pencarian anda di google. Yang paling penting untuk diingat adalah, dalam hal ini, lebih besar tidak lebih baik. Gambar atau file besar dan video dapat melumpuhkan waktu buka website anda. Mengompresi dan mengubah ukuran gambar dapat membantu menghilangkan beberapa jeda waktu yang mungkin disebabkan oleh gambar anda. Tips lain untuk mempercepat waktu buka adalah dengan membatasi jumlah tautan eksternal di situs anda. Pengalihan tidak hanya memperlambat situs anda, tetapi juga memerlukan pemutakhiran konstan untuk memastikan per tautan masih berfungsi dan tidak mengarah ke website yang telah lama.