Rata – Rata Harga Mesin Depot Air Minum Isi Ulang Secara Umum

Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini masyarakat lebih memilih mengisi ulang air galon dibandingkan harus merebus air untuk kebutuhan air siap minum sehari – harinya. Dengan harga yang terjangkau dan keamanannya yang sudah terjamin untuk diminum, banyak masyarakat yang memilih menggunakan air minum isi ulang ini. Selain itu, beberapa orang juga memanfaatkannya untuk membuka usaha seperti depot air minum. Mungkin usaha ini terdengar seperti pekerjaan biasa, tetapi ternyata hasil yang didapatkan dari usaha ini juga lumayan. Harga mesin yang terjangkau juga membuat banyak orang tertarik untuk memulai usaha ini. Apabila anda merupakan salah satu dari orang tersebut, anda dapat menyimak penjelasan mengenai rata – rata harga mesin depot air minum isi ulang berikut ini.

 

Jenis Depot Air Minum Isi Ulang

Sebelum mengetahui rata – rata harga mesin depot air minum isi ulang, anda perlu mengetahui dua jenis depot air minum isi ulang yang dijual dipasaran. Dua jenis tersebut diantaranya :

1. Depot Air Isi Ulang UV (Ultra Violet)Depot air mineral UV

Depot Air Isi Ulang UV merupakan depot air minum isi ulang yang menggunakan teknologi UV yang berfungsi untuk membunuh kuman, virus, dan bakteri. Penyinaran sinar tergantung pada daya watt lampu yang digunakan dan kecepatan air yang disinarinya. Semakin besar wattnya semakin baik pula penyaringannya. Tipe ultraviolet memiliki satuan GPM (Gallon Per Minute) yang berarti satuan USA, yaitu sekitar 378541 liter.

Anda dapat mengetahui ultraviolet yang tepat untuk digunakan dengan menghitung melalui kecepatan pengisian galon. Apabila yang dilalui dalam jumlah kecepatan 10 liter / menit, maka anda disarankan untuk menggunakan UV minimal 5 GPM / 25 watt. Namun, apabila kecepatan mencapai 20 liter / menit, maka anda disarankan untuk menggunakan UV 12 GPM. Harga mesin dengan jenis ini jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis RO.

 

2. Depot Air Isi Ulang RO (Reverse Osmosis)

depot air minum RO

Depot Air Isi Ulang RO merupakan teknologi yang pengeringannya dilakukan dengan menggunakan membran yang memiliki pori – pori super kecil. Mesin dengan jenis ini bekerja dengan cara mendorong air baku melalui membran tersebut dengan menggunakan pompa booster yang memiliki tekanan tinggi. Air yang berhasil melewati membran ini merupakan air jernih yang dapat diminum dan juga sudah dipastikan kebersihannya. Sedangkan air yang tidak berhasil melalui proses membran tersebut akan dikeluarkan melalui pembuangan dan kemudian akan menjadi limbah.

 

Perbedaan Air Mineral UV dan Air RO

Terdapat beberapa aspek yang membedakan air mineral UV dengan air RO, yang pertama adalah dari aspek kimiawi. Air mineral UV memiliki kandungan mineral air seperti zat besi, magnesium, kalium, dan lain sebagainya. Sedangkan air RO hanya terdiri dari beberapa unsur, yaitu unsur H2O, air, dan sedikit kandungan mineral air.

Aspek kedua yang membedakan air mineral UV dengan air RO adalah metode penyaringan yang digunakan. Air mineral UV menggunakan metode standar penyaringan yang umum digunakan dalam mengelola air mineral. Sedangkan air RO menggunakan metode penyaringan yang lebih ketat dengan menggunakan alat membran RO. Contohnya adalah apabila 3 liter air diolah maka hasilnya hanya sekitar 1 liter air, 2 liter air lainnya akan terbuang menjadi limbah.

 

Rata – Rata Harga Mesin Depot Air Minum Isi Ulang

Setelah mengetahui perbedaan antara mesin penyaring biasa (UV) dengan mesin RO, tentunya anda sudah mengerti mana yang berkualitas. Namun, tidak semua mesin penyaring biasa menghasilkan air dengan kualitas biasa saja dibandingkan dengan mesin RO. Hal tersebut juga tergantung dari cara anda mengoperasikan mesin. Untuk harga rata – rata mesin depot air minum isi ulang pada umumnya dibandrol dengan harga 20 – 40 juta rupiah. Harga tersebut biasanya sudah mencakup semua peralatan mulai dari mesin filter, pipa, tandon, galon, sikat, mesin cuci galon, mesin sedot air, surat keterangan layak konsumsi dari depkes RI, dan lain sebagainya.

 

Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai rata – rata harga mesin depot air minum isi ulang. Semoga informasi ini dapat membantu anda memilih mesin depot air minum terbaik untuk usaha anda. Terima kasih.