6 Khasiat konsumsi sarang madu bagi tubuh Anda: Nikmati Saat Meleleh di Mulut

Sarang Madu – Pernahkah anda melihat selebgram melakukan makan besar atau biasa disebut mukbang? Sarang madu menjadi salah satu makanan yang lagi ngetren untuk dijadikan mukbang. Sarang madu yang dibikin lebah madu ini biasanya disebut honeycomb.

Honeycomb itu sendiri terdiri dari lilin lebah yang memiliki bentuk penampang sel heksagonal dan ada madu murni didalam atau disekitarnya. Tidak seperti madu kemasan yang dapat dibeli di toko supermarket, honeycomb ini lebih kental jka dibanding dengan madu biasanya dikarenakan kadar airnya lebih rendah.

Ternyata manfaatnya banyak sekali lho jika kita makan sarang madu. Asal tidak dikonsumsi berlebih, berikut manfaat yang bisa didapat:

Mempercepat proses penyembuhan luka

Madu yang terdapat dalam sarang lebah adalah madu murni. Madu kaya akan mineral dan vitamin yang berfungsi baik untuk penyembuhan luka dan perbaikan sel.

Jaringan yang rusak karena infeksi bakteri bisa diobati dengan rutin mengkonsumsi sarang madu. Ini dikarenakan adanya zat antimikroba alami yang terkandung didalamnya.

Manfaat madu yang lain juga sebagai cara mengecilkan pori pori wajah untuk Anda yang bermasalah dengan pori pori besar.

Mampu Menyingkirkan Kolesterol Jahat

honeycomb

Madu adalah sumber lemak tak jenuh. Jurnal Biologi dan Pengobatan Eksperimental pada Maret 2004 mengungkapkan bahwa kandungan honeycomb dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Melindungi Fungsi Hati

Sebuah studi yang diterbitkan pada Juli 2013 di Korea Journal of Internal Medicine mengatakan bahwa honeycomb murni mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi manusia. Salah satu manfaat antioksidan ini adalah melindungi hati manusia.

Membantu Metabolisme Glukosa

Tubuh manusia membutuhkan zat glukosa agar menghasilkan energi. Ternyata kandungan alkohol dari lilin di dalam honeycomb mampu meningkatkan metabolisme glukosa yang sehat didalam tubuh manusia. Untuk mengembalikan energi Anda lagi, konsumsi honeycomb secukupnya.

Menjaga Mulut Tetap Sehat

Honeycomb dapat juga menjaga kesehatan mulut Anda. Adanya antibakteri pada honeycomb yang dapat menyembuhkan infeksi pada gigi dan gusi. Getah madu dalam honeycomb juga bisa menghilangkan plak di gigi, sekaligus menguatkan gusi.

Obat Peradangan yang disebabkan oleh Bakteri atau Virus

Beberapa jenis vitamin, protein dan mineral yang terdapat dalam sarang madu mampu membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

Tidak hanya itu, peradangan yang disebabkan oleh bakteri dan virus juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi honeycomb. Bioflavonoidnya mempunyai fungsi membunuh jamur, bakteri, atau virus di dalam tubuh.

Selain mempunyai tekstur yang renyah saat dikunyah dan rasa yang manis, sarang madu sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Sudah pernahkah Anda mencobanya?