Stop Boros! Ikuti 6 Strategi Aman Untuk Mengatur Keuangan

Menabung kegiatan untuk mengatur keuangan

Boros di jaman sekarang ini?

Maaf,saya rasa itu adalah hal yang sangat tidak berfedah.Mau kaya mau sederhana yang namanya boros itu bukan hal yang patut untuk dibanggakan.

Anda setuju dengan apa yang saya ucapkan?

Sepertinya harus, karena boros memiliki dampak yang sangat buruk untuk kehidupan.Mari kita renungkan sejenak kenapa boros memberikan dampak buruk.Mari kita tinjau dari segi ekonomi bahwa kita adalah orang yang cukup,tidak terlalu kaya dan tidak terlalu kekurangan.

Pertama,mungkin boros akan membuat kebutuhan Anda terpenuhi tapi lihat dengan boros keuangan Anda akan semakin habis padahal Anda masih ingin membeli ini itu, kemungkinan besar untuk Anda yang ingin menuntaskan keinginan Anda pasti memilih cara berhutang atau meminjam.

Kedua,jika Anda menggunakan uang tersebut untuk memenuhi keinginan Anda semata tanpa ada niat untuk mengembangkannya untuk melunasi pinjaman, Anda akan terjerat kedalam hutang yang lebih besar lagi dan sulit untuk Anda lunasi.

Intinya untuk menghindari dari hal tersebut Anda semua harus mulai berhenti hidup boros.Sekarang yang menjadi masalah Anda pastinya adalah bagaimana caranya agar Anda dapat berhenti dari hidup boros.

Tidak usah di pikir strees, Anda bisa mulai dari mengatur keuangan Anda terlebih dahulu.

Dan berikut ini strategi untuk Anda agar bisa mengatur keuangan Anda dan mulai menjauh dari hidup boros.

6 Strategi Mengatur Keuangan Dengan Cara Aman Dan Menjauh Dari Hidup Boros

  • Buat Daftar Pengeluaran

Nah,hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat list pengeluaran Anda.Sesuaikan pengeluaran Anda dengan jumlah gaji atau penghasilan yang Anda terima.Anda bisa membuat daftar untuk belanja bulanan,untuk ditabung,atau untuk kebutuhan Anda lainnya.

Dengan cara seperti ini Anda bisa tahu berapa banyak pengeluaran yang Anda keluarkan dan bisa Anda bandingkan dengan berapa banyak pengeluaran saat Anda boros dahulu,tentunya pengaturan ini memberikan efek yang lebih disiplin untuk Anda.

Tapi,saran saya akan lebih baik jika Anda juga menyisihkan uang Anda untuk ditabung,karena apabila nanti terjadi sedikit masalah mengenai kebutuhan atau masalah yang mengharuskan Anda untuk mendapatkan uang secara cepat maka Anda bisa mengambil uang dari tabungan bukan berhutang.

  • Mengurangi Kebiasaan Belanja Berlebihan

Untuk yang satu ini perlu Anda cantumkan baik-baik.Seperti yang sudah tercantum di dana pengeluaran tersebut, Anda harus mementingkan kebutuhan Anda terlebih dahulu daripada keinginan Anda.Dengan semakin Anda tidak bisa mengontrol belanja Anda,maka semakin sulit juga Anda untuk bisa mengatur keuangan Anda.

Bukan berarti hal tersebut Anda tidak boleh berbelanja,ada baiknya jika Anda membeli apa yang Anda inginkan mulai dari yang paling penting terlebih dahulu dan mencicilnya jangan langsung membeli semuanya,ada baiknya jika Anda juga membuat daftar keinginan.

Selain itu apabila Anda berbelanja sebisa mungkin untuk berbelanja menggunakan uang tunai atau kartu debit hal itu bertujuan agar nantinya uang yang dikeluarkan tidak berlebihan.

  • Menyisihkan Uang Untuk di Tabung

Ingat menyisihkan dan menyisakan uang adalah hal yang berbeda.

Jika Anda dari awal berniat menyisakan uang untuk ditabung,hal tersebut sulit terjadi karena umumnya uang tersebut akan habis lebih dulu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda.

Tapi,jika Anda menyisihkannya dari awal,misalnya saat Anda baru saja menerima gajian maka keinginan menabung Anda bisa tercapai.Sama seperti yang sudah dijelaskan pada pembuatan daftar pengeluaran, Anda bisa menyisihkan 10-30% uang Anda untuk ditabung, dan tabungan Anda bisa Anda jadikan sebagai dana darurat nantinya jika diperlukan.Atau bisa juga tabungan Anda tersebut untuk masa depan Anda nantinya, menabung untuk masa depan adalah hal yang sangat bijak bukan?

  • Jangan Menyepelekan Uang Receh

Uang-uang receh memang terlihat kecil nominalnya,tapi jika Anda menyimpan dan mengumpulkannya uang tersebut bukan menjadi kecil lagi bukan?

Untuk itu mulai sekarang ada baiknya jika Anda mulai memperhatikan uang sekecil apapun,jangan biarkan uang berceceran karena jika Anda berada dalam keadaan yang sulit pasti Anda baru tahu bahwa uang receh sekalipun berharga.

Mulailah untuk menghargai uang walaupun uang tidak akan dibawa mati pada akhirnya.

Nah,sudah menemukan solusi untuk mengurangi kebiasaan boros bukan?

Sekarang yang perlu saya beri tahu adalah dimana Anda akan menyimpan uang yang akan Anda tabung nantinya, dari strategi di atas tentunya Anda tidak akan menyia-nyiakan barang satu tips bukan?

Memang Anda bisa menabung sendiri tapi bukankah lebih baik jika Anda menyimpan uang ditempat yang aman? Selain itu jika Anda menabungnya di tempat yang berada dekat di sekeliling Anda bukan tidak mungkin jika Anda nantinya pasti akan menggunakan uang yang Anda tabung tersebut untuk hal yang tidak penting.

Untuk itu simpanlah uang Anda di tempat yang aman misalnya bank.Dan saya akan merekomendasikan bank yang dapat menyimpan uang Anda dengan aman dan Anda akan memperoleh kepuasaan yaitu di Bank Perkreditan Rakyat Waleri Makmur atau BPRWM.

Mulai sekarang Anda bisa menerapkan prinsip “ Hidup Hemat Boros Lewat”.

Semoga Bermanfaat.