Tidak Hanya Cantik, Bunga Cone Ungu Juga Memiliki Banyak Manfaat

Keluarga tanaman Aster adalah keluarga yang sangat besar dan berisi beberapa bunga yang indah. Tiga anggota keluarga terfavoritnya adalah Coneflower Ungu, Black-Eyed Susan, dan Daisy Michaelmas. Mereka masing-masing menghasilkan percikan warna yang indah ketika mereka mekar dan sering terlihat dekat satu sama lain. Mereka tidak hanya tanaman yang menarik tetapi juga terkait dengan beberapa fakta menarik.

Keluarga Asteraceae (sebelumnya dikenal dengan nama Compositae) umumnya diketahui sebagai keluarga aster, daisy, atau bunga matahari. Nama Compositae sesuai dengan karakter bunganya karena strukturnya komposit. Apa yang tampak seperti satu bunga sebenarnya adalah gabungan dari banyak bunga yang lebih kecil, atau kuntum. Bunga-bunga di cakram pusat kapitulum tepat disebut cakram kuntum. Setiap “kelopak” yang mengelilingi disk disebut dengan ray.

The Purple Coneflower

Tidak Hanya Cantik, Bunga Cone Ungu Juga Memiliki Banyak Manfaat

Bagian ray dari coneflower ungu (Echinacea purpurea) berwarna putih, merah muda pucat, atau ungu-pink. Disk pusat terletak agak naik dan berkubah. Tampak seperti kerucut berduri, oranye gelap atau merah. Fitur-fitur ini memberi tanaman nama umum dan ilmiahnya. Nama Echinacea berasal dari kata Yunani echinus, yang berarti landak.

Coneflower ungu adalah tanaman abadi yang diserbuki oleh serangga. Bunga ini dikatakan sebagai magnet bagi lebah dan kupu-kupu. Memang tidak selalu, tapi yang lebih sering terlihat adalah lebah. Kami sering melihat serangga di coneflower. Bunga-bunga ray adalah bunga steril, sama seperti yang ada di banyak anggota keluarga Aster. Fungsi kuntum ini adalah untuk menarik serangga. Kuntum disk mengandung benang sari, yang merupakan struktur reproduksi pria, dan putik, yang merupakan struktur wanita.

Buah-buah coneflower ungu dikenal sebagai achene. Sebuah achene adalah buah kecil dan kering yang hanya mengandung satu biji dan tidak terbuka pada saat dewasa. Biji bunga matahari mungkin merupakan contoh achenes yang paling dikenal bagi banyak orang. “Biji” adalah benar-benar buah yang mengandung biji. Daun coneflower umumnya panjang, sempit, dan berbentuk tombak. Mereka biasanya bergigi.

Manfaat Kesehatan dari Bunga Cone Ungu

Echinacea telah lama memiliki reputasi membantu memerangi flu biasa dan meningkatkan kekebalan tubuh. Maka dari itu sangat populer sebagai obat kesehatan herbal. Tiga spesies digunakan secara medis, termasuk E. purpurea. Bunga, daun, dan akar semuanya digunakan sebagai obat. Tanaman ini dijual sebagai teh, kapsul, ekstrak, dan sirup.

Echinacea sering dipromosikan sebagai pengobatan untuk gangguan pada saluran pernapasan bagian atas, terutama pilek. Sayangnya, bukti ilmiah untuk manfaat kesehatannya beragam. Beberapa investigasi menunjukkan bahwa tanaman meningkatkan aksi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena pilek atau mempersingkat durasi pilek. Yang lain mengatakan bahwa itu memiliki efek yang sangat kecil atau tidak berpengaruh sama sekali pada flu biasa.

Salah satu masalah dalam menguji efek Echinacea mungkin kondisi tanaman. Lingkungan tempat tanaman ditanam dan kesegaran tanaman dapat memengaruhi sifat obatnya. Selain itu, beberapa bagian tanaman mungkin lebih bermanfaat bagi kesehatan daripada yang lain.

Follow : Toko Bunga Papan Bandung