Tips Mengemudi yang Benar di New Zealand

Kalau kamu ingin liburan ke New Zealand, cukup nikmati pemandangan kota ini dari balik jendela bus maupun taksi saja juga sudah cukup.

Tapi jika kamu ada rencana untuk tinggal dalam jangka waktu yang lama dan ingin kemana-mana sendiri menggunakan mobil, kamu harus tahu informasi apa saja terkait dengan cara berkendara yang baik di New Zealand.

Ada beberapa hal dasar yang perlu kamu ketahui ketika akan mengemudi di New Zealand, di antaranya pengemudi mobil berada di posisi kiri. Tentu kamu belum terbiasa ketika harus menyetir di sebelah kiri.

Tidak boleh menggunakan mobile phone saat berkendara. Sepertinya ini merupakan warning yang harus dilakukan oleh setiap pengendara.

Dilihat dari sisi manapun, ketika berkendara sambil menggunakan hand phone akan berakibat buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.

Itu adalah informasi dasar, dan berikut adalah aturan-aturan yang harus kamu patuhi ketika berkendara di sini.

1. Tetap di Lajur Sebelah Kiri

Bagi negara yang menggunakan setir kanan seperti Indonesia, pasti akan merasa ‘kagok’ atau lupa untuk tetap berada di lajur kiri ketika berada di Selandia Baru. Taka pa, emmang butuh waktu untuk membiasakannya.

2. Dahulukan Kendaraan Lain di Persimpanga

Ketika kamu ingin memutar arah dahulukan kendaraan yang ingin melanjutkan dari arah lain terlebih dahulu.

Kamu harus menunggu jalan dalam keadaan sepi baru kemudian memutar arah. Jangan lupa gunakan lampu indikator kendaraan kamu ketika akan memutar.

3. Dilarang Belok Kiri Saat Lampu Merah


Di Indonesia biasanya berbelok ke jalan yang searah diperbolehkan dan ada tanda jalan terus bagi kendaraan yang ingin berbelok ke arah kiri.

Akan tetapi berbeda di Selandia Baru. ketika kamu di persimpangan dan ingin berbelok ke jalan yang searah, kamu harus menunggu lampu lalu lintas berwarna hijau dulu.

4. Telepon Genggam

Pengendara tidak diperbolehkan menggunakan telepon genggam (hand phone) selama menyetir.

Kecuali telepon genggam yang kamu gunakan benar-benar dilengkapi dengan program hands-free. Menulis, membaca atau mengirim pesan juga dilarang pada saat menyetir.

5. Perhatikan Medan Perjalanan di New Zealand

Jalan di New Zealand tidak semudah yang dibayangkan. Ketika kamu akan traveling membawa mobil, ajaklah teman yang bisa membawa mobil juga (lebih diutamakan).

Jalanan di New Zealand ada beberapa yang sempit, medannya berbukit dan jalan-jalan beraspal yang masih ada kerikilnya.

6. Jika Capek dan Tetap Ingin Berkandara,
Tipsnya Adalah

  • Istirahatlah yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh
  • Istirahat sejenak setiap 2 jam sekali
  • Jika memungkinkan, kamu bisa menyetir gantian dengan temanmu. Inilah gunanya membawa teman yang bisa mengendarai mobil juga
  • Hindari makan dan minum terlalu banya
  • Kalau kamu merasa ngantuk, berhentilah di tempat pemberhentian yang aman lalu kamu bisa tidur selama 40 menit paling lama.
  • Kalau kamu merasa sangat capek tetapi belum sampai ke tujuan destinasi, sebaiknya bermalamlah di tempat penginapan terdekat lalu lanjutkan perjalanan lagi besok.

7. Kecepatan Mengemudi

Kamu harus memperhatikan batas kecepatan berkendara saat melaju. Kadang-kadang kamu harus mengendarai kecepatan yang rendah tergantung dengan kondisi jalan dan cuaca saat itu.

Agar kamu tidak bingung, berikut adalah Tanda Batas Kecepatan yang sering dijumpai di New Zealand.

Di jalan-jalan utama New Zealand, batas kecepatannya yaitu 100 km/jam. Di daerah pedesaan biasanya batas maksimumnya adalah 50 km/jam.

8. Sabuk Pengaman

Dalam peraturan hukum di New Zealand, setiap orang di dalam kendaraan wajib menggunakan sabuk pengaman baik dewasa maupun anak-anak.

9. No Alkohol dan Narkoba

Jangan coba-coba berkendara dibawah alkohol apalagi narkoba ya ketika disana. Selain berbahaya, kamu juga bisa ditangkap oleh polisi dan harus membayar denda yang mahal.

10. Harus Punya Drive Licence (SIM)

Jangan coba-coba mengendarai mobil tanpa punya SIM. Apalagi ini bukan di negeri sendiri.

Kamu harus membawa drive licence berbahasa inggris yang dikeluarkan oleh layanan terjemahan yang telah dipercayavoleh NZ (New Zealand) Transport Agency atau oleh perwakilan dari diplomat atau kedutaan.

Kalau sudah punya SIM Internasional (overseas driver licence), kamu diizinkan mengemudi maksimal 12 bulan dari tanggal kamu tiba di New Zealand.

Jika kamu ingin memperpanjang Setelah 12 bulan, kamu harus memperoleh izin mengemudi dari New Zealand Driver Licence.

10. Menyalip Kendaraan

Pernah lihat garis putih panjang yang berada di tengah jalan untuk membatasi jalur kana dan kiri? Biasanya ada di jalur yang berliku.

Nah kalau di New Zealand garis itu berwarna kuning. Di sini kamu dilarang menyalip kendaraan dengan melewati garis pembatas yang berwarna kuning tersebut.

11. Berbagi Jalan Pada Pengendara Sepeda

Pesepeda kadang berada di jalur yang sama dengan pengendara mobil. Makanya kamu harus memelankan kecepatanmu ketika berada dekat pengendara sepeda.

12. Hati-hati Pada Jembatan Satu Jalur

Jika ada tanda on-lane bridges atau jembatan yang hanya satu arah, kamu harus saling gantian dengan kendaraan lain yang berlawanan arah untuk melewati jalan itu.

Kamu harus lebih berhati-hati dan pelan-pelan jika melalui jalur seperti ini. Panah merah kecil yang ada di papan penunjuk jalan berarti jalur yang arahnya mengikuti panah merah harus didahulukan/diberikan jalan.

13. Mengemudi Dimusim Dingin

Untuk kamu yang mengendarai mobil saat musim dingin, hati-hati terhadap jalanan yang licin. Jangan rem mendadak. Salju dan es bisa membuat jalanan lebih berbahaya.

Biasanya di tempat penyewaan mobil, mereka menyediakan pasokan rantai untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara di musim dingin.

14. Binatang Peternakan Di Jalan

Hati-hati terhadap hewan-hewan pertanian seperti kerbau, sapi atau bebek yang melintas di hadapanmu. Biasanya kamu akan menemui hal seperti ini ketika traveling ke pedesaan.

Jangan bunyikan klakson seperti terompet karena akan mengejutkan hewan-hewan itu. Kamu harus berhenti sejenak dan tunggu sampai binatanag-binatang itu melintas.

Biasanya ada hewan-hewan itu di damping oleh petani dan kamu bisa mengikuti instruksi dari petani tersebut.

15. Jalanan Berkerikil

Jika kamu memasuki kawasan yang banyak kerikilnya, itu berarti kamu sudah tidak berada di jalan besar lagi. Turunkan kecepatan kendaraanmu karena akan banyak debu yang menghalangi jarak pandangmu.

16. Parkir Sembarangan

Di New Zealand, kalau ada yang parkir kendaraan secara sembarangan akan diderek secara paksa. Untuk itu pastikan kamu memarkir kendaraanmu di tempat yang diperbolehkan ya.

17. Perlintasan Kereta Api

Hanya setengah dari 1500 perlintasan kereta di New Zealand yang memiliki alarm otomatis.

Mungkin hal ini akan kamu jumpai ketika berkendara di daerah pedesaan. Jika kamu melihat tanpa stop di perlintasan, kamu harus berhenti. Jika ada tanda give way, kamu boleh melaju tetapi harus pelan-pelan.

Sumber: Hello Semarang