Wisata Edukasi di Kampung Susu Dinasty

Tulungagung merupakan daerah di Jawa Timur penghasil marmer terbesar di Indonesia. Maka tak heran jika banyak kerajinan kerajinan dari Tulungagung yang berasal dari marmer. Selain itu untuk sektor wisatanya pun juga mendukung, beragam wisata menarik yang disebabkan letak geografis wilayahnya berada di dataran tinggi dan dekat laut pantai selatan. Tidak hanya wisata alamnya saja yang membuat pengunjung merasa senang ketika berwisata di Tulungagung, sebab wisata edukasi seperti kampung susu dinasti tak boleh terlewatkan mengisi liburan keluarga.

Kampung-Susu-Dinasty-Tulungagung

Kampung Susu Dinasty terletak di Desa Sidem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Dari Kota Malang jaraknya cukup jauh tetapi ada travel malang tulungagung murah yang membuat jarak menjadi dekat. Awalnya memang sebuah peternakan sapi perah, namun kini konsepnya sedikit digeser menjadi taman wisata dan belajar. Di Kampung Susu Dinasty, para wisatawan dapat melihat langsung bagaimana sebuah peternakan sapi perah yang dikelola secara semi modern. Terdapat lebih dariĀ  40 ekor sapi perah yang ada di sini dapat ditemui. Para pengunjung tidak hanya melihat saja, namunĀ  pengunjung juga dapat mempraktikkan cara membuat pakan, membersihkan kandang dan sapi, dan memberi makan.

Para pengunjung yang dapatang akan diberikan edukasi tentang tata cara pengolahan susu  segar hingga psoses pengolahan susu dalam kemasan. Selain itu para pengunjung juga dapat melihat peternakan kuda disini, namun jumlahnya yang masih kalah banyak dengan jumlah sapi yang ada disini. Keberadaan kuda disini, dijadikan transportasi para wisatawan untuk berkeliling Kampung Susu Dinasty.

Terdapat banyak wahana menarik yang ada disini seperti wahana kedai susu sapi, wahana pemerahan susu, wahana bermain anak. Selain itu fasilitas lain yang menunjang seperti aula mini, tempat parkir, gazebo, bahkan cafe dan toilet juga tersedia.

Untuk rutenya anggap saja anda berada di Kota Tulungagung, anda dapat mengambil jalur menuju ke arah ke Kabupaten Trenggalek.  Kemudian memasuki wilayah Kecamatan Gondang dan menuju Desa Notorejo. Di Notorejo Sudah terdapat  petunjuk menuju Kampung Susu Dinasty.  Untuk masuk kawasan Kampung Susu Dinasty, para pengunjung harus membayar biaya sebesar  Rp. 15.000,– perorangnya.  Selain wahana belajar dan menawarkan spot kekinian, Kampung Susu Dinasty ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Seperti gazebo, kedai susu segar, wahana permainan anak, aula, gazebo, toilet umum, bahkan kafe juga tersedia.